Berikut Kebiasaan Sepele Lain yang Merugikan Kesehatan

Jabarekspres.com – Tanpa disadari, kebiasaan sepele yang sering dilakukan oleh banyak orang secara terus-menerus bisa merugikan kesehatan.

Mulai dari sekarang sejumlah kebiasan sepele yang merugikan kesehatan tersebut harus segera dihindari agar kesehatan anda terjaga dengan baik.

Berikut ini kebiasaan sepele yang sebaiknya dihindari karena bisa merugikan kesehatan yang dikutip dari PMJ NEWS:

1. Tidak Bertanya pada Dokter

Saat berkonsultasi, dokter menginginkan pasien menjadi rekan yang aktif. Dalam hal ini, pasien diharapkan bisa aktif bertanya kepada dokter mengenai masalah kesehatan mereka.

Hindari melakukan diagnosis sendiri melalui Google hanya karena takut bertanya kepada dokter tentang sesuatu. Aktif bertanya kepada dokter juga dapat membantu pasien untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.

2. Mengorek Kuping dengan Cotton Bud

Kebiasaan mengorek kuping dengan cotton bud sebenarnya merupakan hal kontraproduktif. Kuping pada dasarnya memproduksi wax yang berfungsi mencegah infeksi, memerangkap kotoran, dan menjaga kuping tetap kering.

Mengorek kuping hanya akan membuat wax terdorong semakin ke dalam, memicu cedera di kulit liang telinga, dan memicu infeksi atau bahkan merusak gendang telinga.

Bila ingin membersihkan kuping, cukup bersihkan area paling luar dengan kain yang lembap. Jangan mendorong apa pun masuk ke dalam liang telinga. Bila merasa ada kotoran telinga yang membuat tidak nyaman, coba konsultasi dengan dokter.

3. Tetap ke Tempat Kerja Meski Sakit

Cukup banyak orang yang memaksakan diri tetap pergi ke tempat kerja meski sedang merasa sakit. Hal ini juga ditemukan dalam sebuah survei yang melibatkan pekerja kantoran dari 28 kota di Amerika Serikat.

Survei tersebut menunjukkan, 90 persen warga Amerika tetap pergi bekerja meski mereka sakit. Bekerja saat sakit juga merupakan hal yang kontraproduktif.

Di satu sisi, pekerja yang sakit tidak bisa mendapatkan waktu istirahat untuk bisa memulihkan diri dengan optimal, di sisi lain dia juga berisiko menularkan penyakit kepada rekan kerja, terlebih di masa pandemi. Gunakan izin sakit dan beristirahat di rumah selama sakit.

4. Parkir Terlalu Dekat

Banyak orang senang untuk memarkirkan kendaraan mereka dekat dengan lokasi tujuan. Alasannya, mereka tak perlu berjalan jauh untuk masuk ke lokasi yang mereka tuju, seperti kantor atau mal. (disway)

Tinggalkan Balasan