Simak Fakta dan Mitos Sunscreen Surya untuk Kulit

Jabarekspres.com Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu tahapan skincare yang sangat penting karena dapat melindungi kulit kita dari bahaya radiasi sinar matahari yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Namun beberapa mitos tentang sunscreen juga beredar di masyarakat dan membuat kita bertanya soal kebenarannya.

Menurut Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin, setiap orang wajib menggunakan sunscreen minimal SPF 15+ yang perlu diaplikasikan ulang (re-apply) setiap dua jam.

Akan tetapi masih banyak orang yang belum memahami pentingnya sunscreen atau sering terjebak dalam mitos-mitos, sehingga tidak menggunakannya secara maksimal.

Berikut ini fakta dan mitos seputar sunscreen:

1. Cukup dioleskan sekali selama seharian

Banyak orang yang mengira bahwa menggunakan sunscreen satu kali sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV seharian penuh. Namun faktanya, seberapapun tingginya tingkat SPF yang sunscreen kita miliki, perlindungan tersebut akan memudar fungsinya dalam dua jam.

Maka dr. Claudia menyarankan kita untuk re-apply sunscreen setiap dua jam agar kulit tetap terlindungi. Dalam pengaplikasian ulang tersebut, kita dapat memilih sunscreen berbentuk spray atau stick yang lebih praktis dan meminimalisir lunturnya riasan wajah yang telah kita gunakan.

2. Tahan air sehingga tidak perlu re-apply setelah mandi

Walaupun sebuah sunscreen memiliki klaim tahan air, nyatanya ketika kita mandi, berenang, mencuci muka, maupun mengambil air wudu, perlindungan sunscreen tetap dapat luntur dan menipis.

Oleh karena itu, dianjurkan agar kita mengaplikasikan sunscreen kembali ke kulit setelah selesai berenang atau mandi.

3. Hanya butuh sedikit penggunaannya

Seringkali kita berpikir bahwa sejumput sunscreen sudah cukup karena terasa telah melapisi seluruh bagian wajah kita.

Terkait hal ini, dr. Claudia menjelaskan, bahwa faktanya untuk melindungi wajah dan leher, dibutuhkan setidaknya 0,04 ons sunscreen. Jumlah ini setara dengan panjangnya jari telunjuk dan jari tengah tangan kita untuk perlindungan maksimal agar kulit terhindar dari efek negatif sinar UV.

4. Makeup sudah mengandung sunscreen, maka wajah telah terlindungi

Beberapa produk makeup seperti foundation atau tinted moisturizer telah dilengkapi dengan SPF dan hal ini memang telah memberikan sedikit perlindungan untuk kulit wajah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan