PSM Unpad Siap Ikuti Kejuaraan Kompetisi Paduan Suara Eropa Juni 2022

Jabarekspres.com – Paduan Suara Mahasiswa atau PSM Unpad terpilih untuk mengikuti kompetisi babak final European Grand Prix for Choral Singing. Acara tersebut akan di adakan pada 18 Juni 2022 mendatang di Tours, Prancis.

Sebelumnya di tahun 2019 lalu, PSM dari Universitas Padjadjaran tersebut berhasil meraih 7 penghargaan dalam 67th International Choral Competition Polifonico Guido d’Arezzo. Bertempat di Arezzo, Italia.

Saat itu, PSM Unpad berhasil mendapat Gran Premio Citta d’Arezzo atau juara umum. Yang kemudian mencetak sejarah sebagai paduan suara mahasiswa Indonesia pertama yang lanjut ke babak final pada 18 Juni 2022.

European Grand Prix for Choral Singing (Final) merupakan kompetisi paduan suara dunia tingkat tertinggi dan paling bergengsi yang mempertemukan para juara umum dari 6 kompetisi di Italia, Hungaria, Prancis, Slovenia, Spanyol, dan Bulgaria yang tergabung dalam asosiasi European Grand Prix for Choral Singing.

Para finalis tersebut adalah PSM Unpad (juara umum di kompetisi Arezzo, Italia), Choir SŌLA of the Latvian Academy of Culture (juara umum di kompetisi Tours, Prancis), Batavia Madrigal Singers (juara umum di kompetisi Tolosa, Spanyol), Good Hope School Choir Hong Kong (juara umum di kompetisi Varna, Bulgaria), dan Jāzeps Vitols Latvian Music Academy Mixed Choir (juara umum di kompetisi Varna, Bulgaria).

Pada waktu yang berdekatan, PSM Unpad pun turut mengikuti kompetisi paduan suara internasional lainnya, yaitu The 11th International Choir Festival Antonio Vivaldi di Gabrovo, Bulgaria pada 24-25 Juni 2022.

Bukan hanya memperjuangkan kedua kompetisi paduan suara internasional tersebut, PSM Unpad juga turut menjalankan misi kebudayaan dengan mengadakan Konser Kebudayaan di Bulgaria yang bertujuan untuk mempromosikan budaya bangsa Indonesia kepada dunia.

Misi kebudayaan ini telah menjadi kegiatan rutin PSM Unpad sejak tahun 1999. Berbagai prestasi yang telah di raih oleh PSM Unpad pada kompetisi tingkat internasional selalu di iringi dengan penampilan berbagai lagu daerah Indonesia dalam konser kebudayaan.

Kegiatan ini di gagas oleh PSM Unpad dalam menjawab keinginannya untuk terus mengukir prestasi dan turut memperkenalkan budaya bangsa Indonesia di kancah internasional yang kemudian PSM Unpad tuangkan dalam kegiatan bertajuk “Indonesia Kirana 2022”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan