Keutamaan Membaca Al Kahfi Hari Jumat, No 3 Terhindar dari Fitnah Dajjal

Jabarekspres.com- Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Pada hari ini banyak amalan yang disunnahkan untuk dilaksanakan, salah satunya membaca surat Al Kahfi. Berikut adalah keutamaan membaca Al Kahfi hari Jumat.

Membaca surat ini di hari Jumat merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Banyak keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat seperti mendapatkan pahala dan rezeki yang melimpah dari Allah SWT.

Selain itu ada keutamaan lain jika seseoang membaca surat Al Kahfi, khususnya di hari Jumat. Berikut keutamaan membaca Al Kahfi hari Jumat.

  1. Diampuni dosa

Keutamaan pertama yang akan didapatkan oleh seseorang jika membaca surat ini di hari Jumat adalah diampuni dosanya diantara dua Jumat.

Hal ini berdasar dari sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya:

Dari Abdullah bin Umar yang artinya, “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Mendapatkan ridha Allah SWT

Selanjutnya keutamaan yang akan didapatkan yakni, mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Sebagaimana dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

  1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Membaca al kahfi di hari jumat juga bisa terhindar dari fitnah Dajjal pada hari akhir nanti.

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

  1. Dijaga dari gangguan setan

Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. Dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah SAW bersabda, “Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.” (HR Ibnu Mardawaih).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan