5 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mental, Yuk Coba!

Jabarekspres.com – Berikut 5 cara mudah dalam menjaga kesehatan mental yang wajib semua orang ketahui.

Jika Anda berada dalam pergolakan depresi atau sedang penyembuhan dari serangan panik, pasti itu membuat Anda kewalahan.

Akan tetapi, jangan semakin terpuruk ke dalam suasana hati yang negatif. Jadi, dalam artikel ini akan menjelaskan tentang cara menjaga kesehatan mental Anda.

Sebagaimana dilansir dari Healthline (10/5), berikut adalah 5 cara untuk menjaga kesehatan mental Anda yang paling mudah.

1. Buang kesempurnaan ke luar jendela

Ketika Anda berada di titik terendah, pasti sering memberi tekanan pada diri sendiri untuk membuat segala sesuatunya terlihat sempurna.

Mempelajari kesempurnaan dan kondisi kesehatan mental cenderung bertentangan secara langsung. Anda harus menerima jika tidak terlihat sempurna

Mengorganisir bukan tentang kesempurnaan, Ini tentang standar kualitas hidup.

Standar setiap orang berbeda. Selama lingkungan yang terorganisir sejalan dengan standar tersebut dan tidak melanggar kualitas hidup yang menghalangi atau merugikan kehidupan orang itu, maka biasanya seseorang akan menemukan penerimaan dan kedamaian.

Hilangkan gagasan tentang ‘sempurna’, karena tidak merusak kualitas hidup Anda.

2. Hancurkan semuanya menjadi potongan-potongan kecil

Ketika Anda sedang bergulat dengan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, untuk mengurangi perasaan tersebut bisa coba mencari bagian-bagian yang menyenangkan.

Misalnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan bisa membaginya ke dalam kategori yang berbeda. Kemudian menilai prioritas setiap kategori, dan mulai dengan tingkat yang paling mengurangi kecemasan.

Tujuannya yaitu mengelola menyelesaikan masalah dengan cara yang tepat.

Coba 15 hingga 20 menit per hari untuk melakukan hal-hal yang perlu diselesaikan, seperti mencuci pakaian dan lain sebagainya.

Seringkali, sedikit usaha dapat menyegarkan kembali pikiran dan membangun momentum untuk meningkatkan perasaan motivasi.

3. Lepaskan barang-barang yang tidak berguna

Kekacauan fisik sering kali menciptakan kekacauan dalam pikiran, terutama jika kekacauan itu telah mengambil alih hidup Anda

Mulai sekarang pertimbangkan apa yang membuat suatu barang benar-benar “berharga”.

Kegiatan membuang atau menyingkirkan sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan dan tidak terpakai ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental.

4. Hilangkan gangguan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan