Kenali Tandanya! Inilah Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Jabarekspres.com – Masyarakat Indonesia kini dikejutkan dengan munculnya ancaman penyakit hepatitis akut pada anak yang belum diketahui penyebabnya.

Sementara itu, kasus hepatitis akut ini telah menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.

Di Indonesia kasus hepatitis akut mulai mencuat ketika tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Dengan munculnya kasus hepatitis akut pada anak ini membuat para orang tua harus waspada.

Lantas, seperti apa gejala dan cara penularan hepatitis akut pada anak? sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut ini gejalanya.

Gejala awal:

– Mual

– Muntah

– Diare berat

– Demam ringan

Gejala lanjut:

– Urine berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat

– Warna mata dan kulit menguning

– Ganggguan pembekuan darah

– Kejang

– Kesadaran menurun

Jika anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka segera laukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hepatitis akut bisa ditandai dengan peningkatan enzim hati yang nyata. Gejala yang banyak dilaporkan merupakan gejala gastrointestinal yang termasuk:

– Sakit perut

– Diare

– Muntah

Pada kasus hepatitis akut ini bisa terjadi peningkatan kadar enzim hati (aspartate transaminase (AST) atau alanine aminotransaminase (ALT) lebih besar dari 500 IU/L) dan penyakit kuning.

Jadi, bagaimana pencegahan yang bisa dilakukan pada kasus hepatitis akut pada anak-anak? ini langkah-langkahnya.

– Mencuci tangan

– Memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih

– Tidak bergantian alat makan

– Menghindari kontak dengan orang sakit

– Melaksanakan protokol kesehatan

Selain itu, ada beberapa klasifikasi kasus hepatitis akut yang dibagi dalam tiga kelompok, berikut klasifikasi

Confirmed

Individu yang termasuk dalam klasifikasi confrimed adalah seseorang dengan hepatitis akut (tidak ditemukan virus Hepatitis A-E), aspartate transaminase (AST) atau alanine aminotransaminase (ALT) lebih besar dari 500 IU/L, berusia kurang dari 10 tahun, dan dikenali sejak 1 Januari 2022.

Possible

Orang yang termasuk dalam klasifikasi possible adalah dengan hepatitis akut (tidak ditemukan virus Hepatitis A-E), aspartate transaminase (AST) atau alanine aminotransaminase (ALT) lebih besar dari 500 IU/L, berusia 11-16 tahun, dan dikenali sejak 1 Januari 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan