Pengunjung di Alun-alun Bandung pada Libur Lebaran Masih Abai Kebersihan

BANDUNG – Hari ketiga setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Alun-alun Bandung kembali di padati oleh masyarakat.

Dari pantauan Jabar Ekspres sekitar pukul 09.00 WIB di lokasi, terlihat masyarakat dari luar Kota maupun Bandung, sejak tadi pagi mulai berdatangan ke Alun-alun untuk rekreasi bersama keluarga.

Namun sangat di sayangkan, masyarakat yang hendak mengisi waktu libur panjangnya di Alun-alun Bandung harus berdampingan dengan sampah yang berserakan di atas rumput sintetis yang berada di depan Masjid Raya Bandung.

Tak hanya itu, masyarakat juga masih abai dengan aturan yang ada di kawasan tersebut untuk tidak menggunakan alas kaki di area rumput sintetis.

Salah seorang petugas kebersihan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertahanan Dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Tita (47) mengatakan bahwa urusan sampah di Alun-alun Bandung pada liburan lebaran kali ini dinilai sangat luar biasa.

Dia menjelaskan, biasanya hanya mengangkut sebanyak setengah pack kantong sampah dalam sehari untuk membersihkan sampah di kawasan tersebut.

Namun, pada momen libur lebaran kali ini, pihaknya bisa mengangkut sampah sebanyak satu truk dalam satu hari.

“Untuk tahun ini (libur lebaran tahun 2022) ini sangat luar biasa pengunjung sudah boleh masuk (ke dalam Alun-alun) dan sampah juga sangat membeludak bahkan kemarin saja kita bisa ngangkut sampah sebanyak satu truk di sini,” katanya, Kamis (5/5).

Adanya lonjakan sampah di kawasan tersebut, Tita berharap agar masyarakat dapat menjaga kebersihan pada saat berada di dalam Alun-alun Bandung.

“Harapannya masyarakat dapat menjaga kebersihan terutama sampah, di dalam juga kan sudah banyak tong sampah. Jadi tolong masyarakat yang lagi berlibur di Alun-alun untuk membuang sampah kepada tempatnya,” imbaunya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan