Arus Balik Lebaran, PT KAI Daop 2 Catat 18 Ribu Pemudik dari Arah timur akan Kembali ke Kota Bandung

BANDUNG – Arus balik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi hingga 8 Mei 2022. Sehingga beberapa persiapan dari penyedia jasa angkutan umum kini telah dilakukan untuk mengantsipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Seperti hal nya penyedia jasa angkutan umum kereta api. PT KAI Daop dua Bandung memprediksi puncak arus balik lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada hari ini, Kamis (5/5).

Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo menyebutkan, saat ini pihaknya telah mencatat sekitar 18.700 pengguna jasa kereta api dari wilayah timur seperti Jawa tengah dan Jawa timur akan masuk ke wilayah Daop 2 Bandung pada hari ini.

“Untuk hari ini (Kamis, 5/5) tercatat sudah ada 18.700-an pengguna jasa kereta api yang akan masuk ke Daop 2 Bandung. Dan Per hari kemarin (Rabu 4/5), pengguna jasa kereta api yang datang ke wilayah Daop 2 itu sudah mencapai 15.899 atau hampir 16.000. Dan itu sebagian besar dari arah Jateng dan Jatim,” ungkapnya saat di hubungi Jabar Ekspres, Kamis (5/5).

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus balik kali ini, Kuswardoyo mengatakan PT KAI Daop 2 akan kembali mengoperasikan kereta api Ciremai dengan rute perjalanan Bandung-Semarang hingga tanggal 9 Mei nanti.

“Itu adalah salah satu antisipasi kita, karena memang kebetulan banyak sekali penggunaan jasa Kereta Api dari Semarang ke Bandung,” ujarnya.

Diketahui, kereta api Ciremai ini sejak pandemi Covid-19 tidak lagi di operasikan karena adanya pembatasan rute perjalanan.

Akan tetapi, dengan adanya antusias masyarakat yang sangat tinggi pada Lebaran Idul Fitri 2022, pihaknya kembali mengoperasikan kereta api Ciremai.

“Jadi Kereta Api Ciremai ini sejak Covid-19 sudah berhenti beroperasi. Jadi pada masa Covid ini kita tidak boleh banyak mengoperasikan perjalanan kereta api. Saat ini sudah ada kelonggaran, dan kebetulan rangkaiannya masih ada, maka kantor pusat (PT KAI) menyiapkan itu semua,” katanya.

“Dan kami dari Daop 2 menyiapkan perjalanan dari Bandung sampai ke Semarang selama 6 hari dari tanggal 4 sampai 9 Mei nanti untuk angkutan arus balik Lebaran,” pungkasnya. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan