Kantor SAR Bandung Tingkatkan Kesiapsiagaan Anggota dan Posko Khusus Lebaran

SUMEDANG – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kantor SAR Bandung maksimalkan keamanan dan kenyamanan pemudik Lebaran 2022.

Sejumlah posko Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 sudah berdiri dan tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, pemantauan terhadap posko-posko Siaga SAR Khusus Lebaran telah dilakukan.

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan anggota SAR pada H-2 menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Adapun pemantauan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022, hari ini pada H-2 Idul Fitri, tim masih melakukan pemantauan dan standby di beberapa titik lokasi seperti posko utama di Kantor SAR Bandung,” kata Deden, Sabtu (30/4).

Dia menerangkan, disamping berdirinya posko Siaga SAR Khusus Lebaran 2022, patroli dilakukan ke beberapa titik wilayah sebagai bentuk pemantauan.

“Patroli mobile dilakukan di daerah Nagreg, Cileunyi (Kabupatem Bandung dan Limbangan (Garut),” ujarnya.

“Kemudian pemantauan dan standby di Posko terpadu Cikopo, Cipali KM 102, Cipali 164, Cipali 188, Lingkar Gentong Tasikmalaya, Posko fly Over Lamaran dan Jalan Raya Cijulang Pangandaran,” tambah Deden.

Deden menjelaskan, sampai saat ini kondisi dinilai aman sebab tidak terjadi peristiwa bencana yang berpotensi melibatkan korban jiwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Berdasarkan hasil pemantauan di berbagai titik Siaga SAR Khusus Lebaran di wilayah kerja Kantor SAR Bandung, laporan kejadian atau musibah masih nihil,” imbuhnya.

Deden menilai, peningkatan kendaraan di jalan tol ataupun jalan arteri terus mengalami peningkatan secara bertahap setiap harinya.

“Situasi dan kondisi masih aman terkendali, tidak ada kejadian yang membutuhkan pelayanan SAR, selanjutnya tim terus meningkatkan kesiapsiagaan di setiap titik siaga,” tutup Deden. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan