Demi Kelancaran Pemudik, SAR Bandung Sebutkan Komitmen Basarnas pada Siaga Khusus Lebaran 2022

SUMEDANG – Kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 dimaksimalkan.

Di samping setiap titik ruas jalan dibentuk Pos Pengamanan (Pam) oleh Kepolisian, Badan Search and Rescue pun turut mendukung dengan mendirikan posko Siaga SAR Khusus Lebaran 2022.

Diketahui, sejumlah posko Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 sudah berdiri dan tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Tak hanya itu, Kantor SAR Bandung terjunkan anggotanya untuk melakukan patroli ke beberapa titik wilayah sebagai bentuk pemantauan dan peningkatan kesiapsiagaan.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyebutkan, komitemen Basarnas dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 ini akan memberikan upaya yang terbaik.

“Kita lakukan yang terbaik dan akan berusaha semaksimal mungkin, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik,” kata Deden pada Sabtu (30/4).

Menurutnya, sementara ini situasi terkait bencana yang berpotensi melibatkan korban hilang hingga membahayakan jiwa dinilai masih aman.

“Kondisi aman sebab tidak terjadi peristiwa bencana yang berpotensi melibatkan korban jiwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022,” ujarnya

“Berdasarkan hasil pemantauan di berbagai titik Siaga SAR Khusus Lebaran di wilayah kerja Kantor SAR Bandung, laporan kejadian atau musibah masih nihil,” tambah Deden.

Dalam kesempatannya, Deden mengimbau, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 supaya memperhatikan kesehatan dan kesiapan kendaraan.

“Pesan saya pemudik agar persiapkan kelengkapan dan kesehatan kendaraan jika berkendara dengan kendaraan pribadi,” ucap Deden.

“Kemudian melakukan cek kesehatan dan perlengkapan yang memadai untuk mudik baik makanan ataupun obat obatan,” tambahnya.

Deden berpesan, supaya para pemudik tetap mengikuti aturan baik dalam menerapkan protokol kesehatan juga arahan petugas lapangan guna kelancaran perjalanan.

Sementara itu, Deden menilai, peningkatan kendaraan di jalan tol ataupun jalan arteri terus mengalami peningkatan secara bertahap setiap harinya.

“Situasi dan kondisi masih aman terkendali, tidak ada kejadina yang membutuhkan pelayanan SAR, selanjutnya tim terus meningkatkan kesiapsiagaan di setiap titik siaga,” imbuhnya.

“Dan jangan lupa untuk menghubingi call center Basarnas 115 jika menemukan kejadian yang membahayakan di jalan,” tutup Deden. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan