Polda Jabar Berhasil Bekuk Para Pelaku pembobol Roda 4 dan Truk di Exit Tol Pasirkoja Bandung

BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Jawa Barat berhasil menangkap sindikat spesialis pembobol kendaraan roda 4 dan truk yang terparkir di Rest Area Tol Jawa Barat, Jakarta, Banten hingga Jawa Tengah.

Dari adanya peristiwa tersebut, Dir Reskrimum Polda Jabar, Kombes Pol K Yani Sudarto mengatakan, sebelumnya telah mengamankan beberapa pelaku dari sindikat pembobol tersebut pada 7 April 2022 lalu.

Dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya berhasil melakukan pengembangan dan langsung membantu para pelaku lainnya yang berada di ruas Tol Cirebon dan akhirnya ditangkap di exit Tol Pasirkoja pada Senin (25/4) kemarin.

“Kenapa tidak ada pelumpuhan dan penembakan (saat penangkapan di Gerbang Tol Pasirkoja), tim yang di lapangan sudah mengukur itu dengan segala risikonya. Risiko yang kita ambil itu yang terkecil, walaupun ada luka memar di tangan dari anggota kami,” Jelas Yani di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (28/4).

Dalam penangkapan sejumlah pelaku tersebut, lanjut Yani, pihaknya akan melakukan penangkapan di ruas Tol di Cirebon pada saat membuntuti. Namun para pelaku langsung memutar arah kendaraannya.

“Maka kami ubah cara bertindaknya dengan memikirkan di mana kira-kira yang paling mudah menyudutkan tersangka. Pilihannya adalah di pintu gerbang Tol,” ungkapnya.

“Pada tanggal 25 April 2022 kemarin, kami tetap membuntuti tersangka. Dan ketika mereka mau masuk pintu gerbang Tol, kita hadang mereka di sana dengan risiko paling kecil tidak ada laka lantas dan kemacetan di ruas tol, dan akhirnya bisa kita tangkap,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, bahwa perkara tersebut sudah terjadi sejak tanggal 29 Juni 2021 lalu.

Dari rentang waktu tersebut, Ibrahim menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapat 18 kali laporan dengan kasus yang sama.

“Dari hasil konfirmasi dan keterangan para tersangka, ada 9 TKP yang berada di rest area wilayah kita (Jawa Barat) dan selebihnya ada 20 TKP la yang berada di luar Jabar seperti Jakarta, Banten dan Jateng,” ujarnya

Dari penangkapan tersebut, telah berhasil melakukan pengamanan kepada 7 orang tersangka berinisial R alias Rosi dan FM

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan