oleh

Begini Kronologi Kebakaran di Cileunyi Bandung yang Mengakitbatkan Kemacetan Panjang

CILEUNYI – Satu unit rumah di wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung alami insiden kebakaran yang diduga akibat petasan dan kembang api.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, kobaran api melahap rumah milik Nenek Onah, 65, warga Kampung Cikalang, RT03 RW05, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Diketahui, kebakaran di Cileunyi tersebut terjadi pada Kamis (28/4) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapolsek Cileunyi, Kompol Wahyo di lokasi kejadian mangatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terutama untuk mengungkap asal api.

“Petugas telah di TKP (Tempat Kejadian Perkara) dengan mengolah dan mengamankan TKP, serta meminta keterangan sejumlah saksi,” papar Wahyo.

Beruntung, setelah 4 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung datang, si jago merah langsung dijinakkan.

“Masing-masing 2 (mobil Damkar). 2 dari Kecamatan Cileunyi dan 2 dari Kecamatan Cicalengka dikerahkan,” ujar Wahyo.

Setelah 4 unit mobil Damkar dikerahkan, rumah milik Onah berhasil dipadamkan dengan waktu pemadaman sekiranya selama 1 jam.

“Api berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke rumah lainnya yang padat,” pungkas Wahyo.

Sementara itu, Keteua RW05, Kampung Cikalang, Mumu Tamamudin membenarkan, dugaan terjadinya kebakaran itu karena dugaan oleh petasan dan kembang api.

“Gara-gara dua cucu Nenek Onah, Kenji, 7, dan Key, 5, diduga bermain petasan dan kembang api dengan korek api dan lilin di lantai dua,” kata Mumu di lokasi kebakaran.

Dia menerangkan, dugaan tersebut baru dari sejumlah saksi mata yang melihat peristiwa terjadinya kebakaran di rumah Onah.

“Saat bermain petasan dan kembang api rupanya membakar kasur. Rumah tersebut dihuni oleh Nenek Onah, Yuyu (putrinya) dan suaminya serta dua cucunya” tutur Mumu.

Mumu menjelaskan, awal mula kobaran api memang terlihat muncul dari lantai 2 rumah milik Onah.

Hunian milik Onah yang terbakar sekiranya berukuran 14 kali 5 meter dengan kontur bangunan permanen.

“Api memang dari langai 2. Cuma, waktu begitu api berkobar semua penghuni rumah diselamatkan warga,” ucap Mumu.

Akibat kebakaran yang menghanguskan rumah milik Onah itu, melalui pantauan Jabar Ekspres, terlihat arus lalu lintas dari arah Rancaekek menuju Bandung mengalami kemacetan cukup panjang. Penumpukan volume kendaraan terjadi hingga lebih dari 300 meter.

Tak ada korban jiwa atas terjadinya kebakaran yang melahap rumah milik Onah. Namun belum dapat diidentifikasi berapa kerugian dialami akibat amukan si jago merah tersebut. (mg5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga