oleh

Ridwan Kamil Inginkan Jati Gede Jadi Kawasan Wisata Internasional

SUMEDANG – Salah satu obyek wisata baru di Kabupaten Sumedang baru saja diresmikan oleh Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Destinasi wisata dengan nama, Kampung Buricak Burinong itu berada di Kawasa Waduk Jati Gede Kabupaten Sumedang.

Gubenur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Jati Gede sangat layak untuk dikembangkan menjadi Kawasan wisata Internasional.

“Kami meresmikan fasilitas pariwisata Jatigede, yaitu Kampung Buricak Burinong,’’ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya, Selasa, (6/4)

Menurutnya, beberapa fasilitas di Kampung Buricak Burinong bisa dimanfaatkan untuk wisatawan, di antaranya forest walk, tempat kuliner dan lainnya.

‘’Ini menandakan Jatigede ini di masa depan akan menjadi wilayah yang akan dikembangkan sebagai wisata international,” ucapnya.

Buricak Burinong sendiri berada di Desa Pakualam, Darmaraja, Sumedang. Dalam Bahasa sunda kata ‘Buricak Burinong’ bearti penuh dengan warna.

‘’Jadi tempat wisata ini menggambarkan suasana yang menarik dengan tampilan penuh warna-warni dan memanjakan mata,’’kata Ridwan Kamil.

Pemandangan dari Buricak Burinong pun sangat memesona dengan didirikan kemegahan Masjid Al-Kamil terlihat dari Buricak Burinong.

Untuk pengembangan selanjutnya, Pemdaprov Jabar juga akan mendirikan menara Kujang Sapasang yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sumedang.

“Yang paling istimewa kelihatan dari sini, Masjid Al-Kamil sudah selesai. Menara Kujang Sapasang akhir tahun juga akan selesai. Mudah-mudahan itu menjadi kebanggaan,” kata Kang Emil.

Selepas peresmian Buricak Burinong, Ridwan Kamil meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Menara Kujang Sapasang serta jembatan yang akan menjadi ikon Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Ridwan Kamil menambahkan, pengembangan Kawasan wisata di Jati Gede, diharapkan akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

“Dengan kolaborasi yang baik, Pemda Provinsi Jabar selalu mendukung kesejahteraan rakyat Sumedang semakin meningkat,” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Sebelumnnya, Kabupaten Sumedang saat ini tengah berupaya mendorong kawasan wisata agar bisa menarik banyak wisatawan.

Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang cukup gencar membangun akses jalan di berbagai objek wisata yang ada guna meningkatkan kenyamanan.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan, pembangunan infrastruktur jadi salah satu dukungan dalam mewujudkan kawasan wisata di Sumedang.

“Saat ini berbagai pembangunan infrastruktur (dilakukan) guna mendukung terwujudnya kawasan wisata yang nyaman,” kata Dony belum lama ini.

“Kemudian memadai terus berjalan, khususnya aksesibilitas menuju sentra-sentra wisata dan juga pertanian,” tambahnya.

Dony mengatakan, pada 2020 lalu sampai sekarang Pemda Sumedang terus menggenjot pembangunan infrastruktur ke tempat-tempat wisata.

“Termasuk Jalan Lingkar Timur, Lingkar Utara sampai Lingkar Barat Jatigede. Karena akses jalan ini menjadi prioritas kami,” ujar Dony.

Tak hanya itu, Dony mengaku, Pemda Sumedang sudah melakukan usulan kepada Pemerintah Pusat supaya bisa mendorong Jatigede menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

“Di mana saat ini pengerjaan Menara Kujang Sapasang berikut jembatan dan Mesjid Al-Kamil yang digadang-gadang akan menjadi ikon wisata baru di Jatigede sedang dalam penyelesaian,” imbuh Dony. (red).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga