Omset Pedagang Pasar Cihapit Meningkat 20 Persen Berkat Penjualan Online  

Akan tetapi berkat adanya kolaborasi dengan Tokopedia melalui penjualan online, kini penjualan mengalami kenaikan signifikan.

Selain itu, dengan konsep yang ditawarkan Tokopedia, transaksi pun menjadi mudah dan saling mendapatkan kepercayaan oleh konsumen.

‘’Jadi semua keribetan yang dialami itu hilang seketika. Transaksi bisa dilakukan secara praktis dan efektif.

Dewi menambahkan, saat ini rata-rata pertumbuhan penjualan pedagang Pasar mengalami peningkatan mencapai 20 persen.

Untuk itu, saat ini Dewi terus melakukan sosialisasi supaya para pedagang di pasar agar dapat bergabung dalam program Pasar Cihapit Online.

Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan menuturkan, saat ini, para pedagang telah berhasil memasarkan produknya secara luas berkat konsep pemasaran digital yang disediakan Tokopedia.

Sejak bergabung pada Mei 2021, Pasar Cihapit Online merupakan pasar tradisional yang mampu beradaptasi di masa Pandemi dengan memanfaatkan teknologi digital.

‘’Beragam produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Bandung,” terang Emmiryzan di Bandung.

Emmiryzan menyebutkan, sejak bergabung dengan plaform digital di Tokopedia, Pasar Cihapit Online mengalami kenaikan omset sebesar 4,5 kali lipat.

Untuk itu, Konsep pemasaran digital yang ditawarkan Tokopedia ini merupakan bentuk komitmen untuk membantu memulihkan perekonomian nasional.

Tokopedia bersama Kementerian Perdagangan sebagai mitra strategis sudah membuat kesepakatan untuk meningkatan daya saing dan penyediaan fasilitas Ruang Promosi Melalui Digitalisasi Pasar Rakyat.

Dengan Memanfaatkan Aplikasi Tokopedia, Pasar Tradisonal telah membuat terobosan dan inovasi untuk memperluas penjualan para pedagang pasar.

Emmiryzan mengatakan, pada 2021, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai 61,97 persen atau senilai Rp8,6 triliun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kontribusi capaian PDB tersebut disumbangkan oleh pasar tradisional.

‘’Melalui kemitraan ini, Tokopedia memberikan fasilitas ruang promosi melalui akun pasar rakyat di platform Tokopedia,’’ujarnya.

Saat ini, sudah ada 10 pasar rakyat yang telah bergabung menjadi pasar rakyat digital di Tokopedia.

Selain Pasar Cihapit, Pasar tradisonal Sehat Sabilulungan Cicalengka Kabupaten Bandung, Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Anyar di Tangerang, Pasar Kampung Baru dan Pasar Pa’baeng-baeng di Makassar, Pasar Oro-oro Dowo Malang, Pasar Gentan di Sleman serta Pasar Badung di Denpasar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan