UMKM Dinilai Bisa Dorong Perekonomian Sumedang

Jabarekpres.com – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi PAN, Dudi Supriadi soroti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurutnya, pada bulan suci Ramadan 2022 bisa menjadi momentum untuk mengembangkan usaha mandiri masyarakat.

Pasalnya, dijelaskan Dudi, bulan suci Ramadan tahun ini meski pandemi Covid-19 belum usai, namun kegiatan masyarakat secara bertahap sudah mulai diperbolehkan.

“Di tiap desa punya kegiatan sendiri seperti bazar atau pasar sore di bulan Ramadan,” kata Dudi, Kamis (21/4).

Dia menerangkan, diselenggarakannya bazar atau pasar sore tersebut bisa dimanfaatkan warga untuk berupaya memaksimalkan penghasilan dari unit usahanya.

“Seperti di Desa Cibeusi (Jatinangor) itu ada bazar, itu bahkan pelaku usaha yang ikut serta sangat banyak dan pengunjungnya pun jadi banyak,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Dudi mengatakan, pelaku usaha di Kabupaten Sumedang terbilang bertambah, meskipun tidak secara langsung bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang.

“Tapi kehadiran UMKM ini selaras dengan tujuan Pemda Sumedang dalam mendorong perekonomian melalui usaha lokal,” ucap Dudi.

Dia berujar, geliat para pelaku UMKM yang memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan untuk membuka hingga mengembangkan usahanya patut diacungi jempol.

Selain meningkatkan produktivitas warga dalam berkegiatan, para pelaku usaha juga berpotensi untuk mendorong perekonomian lokal.

“Ini hal yang baik dan akan semakin bagus apabila para pelaku usaha dibantu oleh pihak desa supaya mendaftarkan usahanya membuat NIB (Nomor Induk Berusaha),” imbuhnya.

Dudi berharap, dengan antusiasnya masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dengan berusaha, maka bisa berkontribusi dorong perekonomian.

“Pandemi tahun lalu kegiatan dibatasi dan sangat berdampak pada pelaku UMKM. Tapi tahun ini (2022) masyarakat diperbolehkan berkegiatan,” paparnya.

“Namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan, jangan sampai kegiatan usahanya jadi menimbulkan penyebaran Covid-19. Harapan saya perekonomian semakin meningkat dengan dorongan UMKM,” tutup Dudi.

Diketahui, dalam upaya menggerakkan roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Pemda Sumedang pun terus gencar lakukan promosi terhadap berbagai produk UMKM di wilayah hingga luar daerah.

Kegiatan promosi tersebut, tak hanya dilakukan dengan cara memperbanyak gerai produk UMKM di ruang-ruang publik saja. Akan tetapi dilakukan juga dalam setiap acara-acara besar khususnya giat pemerintahan. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan