Tol Cisumdawu Diupayakan Sudah Bisa Dilewati Pemudik Lebaran 2022

SUMEDANG – Ruas Tol Cisumdawu mulai dari Cileunyi sampai dengan Sumedang kota dan Cimalaka diupayakan bisa digunakan saat mudik Lebaran 1443 H.

Hal itu diungkapkan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkopimda di Gedung Negara, Rabu (20/4).

“Jika terjadi kepadatan jalur Sumedang-Cirebon, rencananya akan kita buka Tol Seksi II dan III. Tapi kami utamakan Seksi II (Pamulihan-Sumedang) terlebih dahulu. Jika ternyata masih terjadi kepadatan, baru Cimalaka akan dibuka,” tutur Dony dalam keterangan pers.

Dony menambahkan, pengaturan satu arah dilakukan dari Pamulihan ke Sumedang Kota saat arus mudik. Lalu, satu arah dari Sumedang kota ke Pamulihan saat arus balik.

“Ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I dan ketika tidak terjadi hujan,” terangnya.

Dony mengatakan, selama dua tahun terakhir pemerintah meniadakan kebijakan mudik karena Pandemi Covid-19 dan baru tahun ini diadakan kebijakan mudik kembali.

“Menghadapi kondisi ini kami harus melakukan persiapan secara matang karena diperkirakan mudik akan membludak. Baik itu yang datang ke Sumedang maupun yang melewati Sumedang. Intinya kami menginginkan para pemudik bisa mendapatkan pelayanan yang prima dari Pemkab Sumedang,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik, disiapkan 12 pelayanan dan pengamanan yang melibatkan unsur dari TNI, Polri, Pemkab dan kelompok. Mereka akan bersiaga selama arus mudik dan balik.

“Biasanya menjelang lebaran aktifitas warga meningkat, jadi kami antisipasi untuk menekan angka kriminalitas,” ucapnya.

Selain itu, disiapkan pelayanan kedaruratan selama 24 jam berupa alat berat di titik-titik terjadinya rawan bencana. Lalu, ada layanan kesehatan selama arus mudik dan balik di 12 Pospam dan 35 Puskesmas yang dilalui oleh para pemudik. Termasuk di rest area mini.

“Kita juga akan memperindah Kota Sumedang untuk menyambut para pemudik. Jadi pemudik ketika melewati Sumedang akan merasa aman dan nyaman serta mendapat pelayanan tambahan lainnya,” tuturnya.

Bupati juga memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Idul Fitri 1443 H tersedia cukup untuk Kabupaten Sumedang setelah sebelumnya ia berkoordinasi dengan Bulog.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan