Tol dari Arah Jakarta Menuju Jateng Diberlakukan Satu Arah Mulai 28-30 April, Begini Imbauan Ridwan Kamil

Jabarekspres.com Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan menuju arah Jakarta melalui tol pada tanggal 28 hingga 30 April nanti.

Ridwan Kamil menjelaskan pada tanggal tersebut pemerintah beserta jajaran Kepolisian akan memberlakukan satu arah dari Jakarta menuju Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan pada mudik lebaran nanti.

“Tanggal 28,29,30 akan suatu arah untuk semua jalan Tol dari arah Jakarta di satu arahkan ke arah Cirebon dan Jawa tengah. Maka orang-orang Cirebon yang mau seperti ke Bekasi atau orang Bandung mau ke Jakarta itu tidak boleh lewat tol dan harus lewat jalan biasa. Dan itu harus siap-siap,” kata Ridwan Kamil di Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat Rabu (20/4).

Selain mengingatkan hal tersebut, Emil juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk tidak berdiam diri di rest area lebih dari 30 menit. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kerumunan masyarakat.

“Kedua, itu akan dibatasi pemberhentian di rest area. Jadi nanti yang sedang melakukan mudik di tanggal-tanggal itu tolong dipersiapkan dan di bekali kendaraannya karena kan nanti akan dibatasi selama 30 menit,” imbaunya.

Dia menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta jajaran kepolisian akan menyediakan sebanyak 400 posko pengawasan mudik lebaran tahun 2022.

“Jadi nanti sudah ada 400 titik pos pemantau. Itu baik polisi dengan poskonya dengan pemerintah provinsi. Karena kita siaga satu saat mudik, karena sudah 2 tahun tidak mudik, jadi bisa dibayangkan masyarakat pasti balas dendam,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Emil sapaan akrab Ridwan Kamil ini memprediksi sebanyak 14,9 juta warga diperkirakan akan melakukan perjalanan mudik ke wilayah Jawa Barat.

Data tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Pemerintahan Provinsi bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Dari total 85,5 juta pemudik, yang akan mudik ke jawa barat sekitar 14,9 juta,” ungkapnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (19/4) kemarin.

Sementara itu, bagi warga Jabar yang hendak melakukan perjalanan mudik ke luar daerah, diprediksi mencapai 9,2 juta orang. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan