Konsumsi Telur Mentah Ternyata Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Belum banyak orang tahu kalau mengonsumsi telur mentah ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Akan tetapi. banyak sekali tayangan di YouTube yang memperlihatkan orang-orang makan telur dalam keadaan masih mentah untuk pelengkap menu utama.

Sementara itu, telur mentah juga biasanya dikonsumsi bersama susu atau jamu.

Jadi, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar, berikut ini penjelasan tentang bahaya kesehatan dari mengonsumsi telur secara mentah dari Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Toto Sudargo, M.Kes.

Menurutnya, banyak efek buruk daripada manfaat baik apabila kita mengonsumsi telur dalam keadaan mentah.

“Sebenarnya banyak efek buruknya ketimbang manfaat yang didapat dari konsumsi telur mentah,” kata Dr Toto Sudargo dalam keterangan pers universitas yang diterima di Yogyakarta, dikutip dari JPNN (19/4).

Selain itu, ia juga membantah anggapan tentang mengonsumsi telur mentah mampu meningkatkan kadar protein dalam tubuh dan membuat stamina lebih segar.

Tidak sedikit orang yang mengonsumsi telur mentah secara langsung akibat pemahamannya yang keliru.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan di ‘International Journal of Food Sciences and Nutrition’ tahun 2004 mengungkapkan bahwa penyerapan protein oleh tubuh justru lebih banyak didapatkan dari konsumsi telur yang sudah matang.

Protein dari telur mentah yang dapat diserap tubuh hanya sebesar 50 persen. Padahal, dalam keadaan matang, protein telur yang bisa diserap tubuh mampu mencapai 90 persen.

Putih telur mengandung avidin, yaitu zat protein yang bisa berefek negatif bagi tubuh karena kemampuannya dalam mengikat biotin.

Biotin merupakan vitamin B7 yang larut dalam air dan diperlukan tubuh dalam proses metabolisme serta pencernaan gula dalam darah.

Bahaya lain dari konsumsi telur mentah adalah rentan infeksi bakteri Salmonella yang bisa menembus cangkang telur dan masuk hingga ke bagian putih telur.

Jika telur dalam kondisi tidak bersih atau kotor, maka peluang infeksi Salmonella karena mengonsumsi telur mentah sangat besar.

“Infeksi Salmonella bisa memicu kejang, mual, muntah, diare, bahkan kematian,” ungkapnya.

Toto Sudargo menerangkan bahwa telur terdapat kandungan gizi dan vitamin yaitu vitamin A dan vitamin D.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan