Bahaya! Jangan Lakukan Ini Setelah Vaksin Booster

Jabarekspres.com- Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk bisa melindungi diri dari penyakit Covid-19. Terlebih pemerintah sekarang sudah mencanangkan vaksinasi dosis ke tiga. Tapi taukah kamu ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah vaksin Booster. Ini dia penjelasannya.

penyuntikan ini berfungsi untuk menaikan sistem imun tubuh, dengan menghasilkan antibodi untuk melawan virus.

Tetapi antibodi tersebut dapat menurun jumlahnya seiring berjalan dengan waktu.

Sehingga tubuh harus menerima tambahan dosis agar respons imun yang terbentuk dari vaksinasi bisa bertahan lebih lama.

Dengan diberikannya vaksin dosis ke tiga membuat sel-sel kekebalan tubuh akan merangsang limfosit B untuk menghasilkan antibodi sehingga membuat jumlahnya naik kembali.

Tetapi biasanya tubuh akan mempunyai kekebalan sekitar 2 minggu setelah penyuntikan.

Untuk mempercepat proses pembentukan antibodi, maka ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan setelah vaksin. Apa saja? Berikut daftarnya yang dikutip dari laman hellosehat.

  1. Tidak memakai masker

Pemberian vaksin memang adalah salah satu cara mencegah kita terinfeksi virus Covid-19. Namun bukan berarti seseorang 100 persen tidak akan terkena virus ketika sudah vaksin.

Meskipun efektif namun tak ada vaksin yang memberikan jaminan 100 persen orang yang melakukan vaksin tidak akan tertular virus.

Maka dari itu pemakaian masker, berjaga jarak, dan mencuci tangan tetaplah perlu.

  1. Merokok

Sebuah penelitian yang terbit tahun 2022 dalam jurnal Public Health menunjukkan bahwa antibodi yang dihasilkan oleh vaksin dapat menurun lebih cepat pada orang-orang yang merokok dibandingkan orang-orang yang tidak merokok.

Memang, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar mengetahui dampak merokok pada respons imun terhadap vaksin COVID-19.

 

  1. Minum alkohol

Mengkonsumsi alkohol setelah minum obat atau vaksin dapat memperburuk efek samping yang Anda alami.

Selain itu, alkohol juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap sistem kekebalan tubuh.

Respons imun terhadap vaksin mungkin akan terganggu. Alhasil, ini akan menurunkan efektivitas vaksin.

 

  1. Olahraga terlalu berat

Nyeri otot merupakan salah satu efek dari vaksinasi Covid-19. Maka dari itu, ada baiknya Anda beristirahat atau melakukan olahraga yang lebih ringan seperti jalan-jalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan