Makna Malam Nuzulul Quran, Begini Penjelasan Lengkapnya

Jabarekspres.com – Bagi kaum muslimin adakah yang masih belum tahu makna malam Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan?

Bila belum, mari kita bahas secara rinci apa makna malam Nuzulul Quran yang kerap diperingati umat muslim setiap 17 Ramadhan.

Memasuki Ramadhan memang umat muslim selalu mendengungkan momen itu serta mengaitkannya dengan malam lailatul qadar.

Sebagaimana diketahui banyak masyarakat muslim kerap menggelar acara seremoni dalam menyambut malam nuzulul quran tersebut.

Di Indonesia acara Nuzulul Quran, sering dimeriahkan dengan acara tumpengan, pengajian, istighotsah, tahlil, dan juga khataman Al-Quran.

Lantas apa makna malam Nuzulul Quran itu? Dihimpun Jabarekspres.com dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU) berikut penjelasannya.

Nuzulul Quran adalah waktu turunya Al-Quran yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5.

Namun begitu, Nuzulul Quran sering diperingati pada malam 17 Ramadhan, sementara umum diketahui bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan.

Mengapa bisa berbeda? Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr 1-5).

Para ulama berbeda pendapat tentang dlamir “hu” atau kata ganti yang merujuk kepada Al-Quran dalam ayat pertama.

Apakah Al-Quran yang dimaksud dalam ayat itu adalah keseluruhannya, artinya Allah SWT menurunkan Al-Quran sekaligus dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia) pada malam Lailatul Qadar.

Ataukah sebagiannya, yaitu bahwa Allah SWT menurunkan pertama kali Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 pada malam Lailatul Qadar?

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Ibnu Abbas RA menjelaskan bahwa Al-Quran yang diturunkan pada Lailatul Qadar keseluruhnya;

baru kemudian secara berangsur diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. (HR. Ath-Thabrani).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan