oleh

Ini Penyebab Tekanan Darah Naik Saat Puasa

Jabarekspres.com Puasa dapat menurunkan tekanan darah karena tubuh tidak mengkonsumsi makanan dan minuman seharian.

Namun, ada satu kasus seseorang justru tekanan darahnya menjadi naik meski sedang berpuasa.

Menurut dr. Nugraha Arie, salah satunya penyebab tekanan darah seseorang menjadi naik karena terkait dengan apa yang mereka makan di luar dari jam puasa.

Selain konsumsi makan yang tinggi garam, hormon yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti emosi, kualitas tidur dan lainnya, juga berpengaruh.

Pada beberapa kasus, hal ini juga dipicu oleh keberadaan kondisi kesehatan lain, yang juga diderita selain dari hipertensi.

“(Hal ini juga) adanya kontribusi lain seperti masalah diabetes atau tiroid,” jelas dr. Nugraha Aries.

“Penting juga untuk mencoba mengatur emosi serta pola tidur yang cukup,” sambungnya.

Dia menambahkan, apabila tekanan darahnya memang tinggi, maka penggunaan obat yang dikhususkan untuk kondisi ini, sangat dianjurkan untuk mengontrol kondisi ini.

“Bila tekanan darah memang tinggi, maka dibutuhkan intervensi obat-obatan darah tinggi yang bisa diperoleh ketika Anda memeriksakan diri ke dokter,” terangnya.

Darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang paling umum ditemukan di Indonesia, sebagaimana diungkap data BPJS.

Namun yang patut disayangkan menurut ahli, sebagaimana diungkap ahli di WebMD, ternyata kondisi ini kerap dianggap remeh oleh penderitanya.

Pada awalnya, darah tinggi memang tidak akan memberikan gejala terhadap tubuh penderitanya, namun secara perlahan, efeknya akan dirasakan oleh mereka dengan kondisi ini.

Darah tinggi yang dibiarkan tanpa medikasi atau perubahan gaya hidup, akan berimbas pada buruknya aliran darah.

Jantung yang dipompa dengan tekanan darah yang tinggi, akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, menyebabkan masalah di kemudian hari.

Selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah ginjal, tekanan darah tinggi juga bertanggung jawab atas banyaknya kasus stroke di seluruh dunia. (fin/ran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga