Vtuber adalah? Apa Perbedaannya dengan Youtuber

Jabarekspres.com- Pernahkah kamu mendengar kata Vtuber? Apa perbedaannya dengan Youtuber? Istilah Vtuber adalah kepanjangan dari Virtual Youtuber. Virtual Youtuber merupakan seseorang yang berprofesi untuk membuat content di platform berbagi video Youtube.

Virtual Youtuber ini menggubakan teknologi semacam 3DCGI. Teknologi ini dapat mengubah dan membentuk avatar animasi imut-imut yang seolah-olah hidup dan mampu berinteraksi dengan para penonton live streaming Youtube.

Karakter animasi ini dibuat semacam karakter anime yang memiliki paras imut, bukan hanya berinteraksi saja, karakter animasi ini juga bisa menggerakan tubuh seperti kepala, tangan, hingga mimik wajah.

Dengan kata lain Virtual Youtuber memerankan karakter menggunakan ‘Motion Capture’.

Vtuber di Indonesia

Di Indonesia banyak terdapat penggemar Virtual Youtuber, mereka menyukai kehadiran Youtuber lokal yang beralih menjadi seorang Vtuber.

Pada umumnya para konten kreator Vtuber ini memadukan karakter anime dengan kebudayaan lokal Indonesia.

Indonesia pernah menjadi salah satu negara yang mengadakan audisi Vtuber. Hololive Production adalah agensi yang memprakasai audisi ini.

Virtual Youtuber terkenal asal Indonesia Mintchan, Cerita Tessa, Maya Putri, dan masih banyak  lagi.

Perbedaan Vtuber dan Youtuber

Berikut adalah perbedaan Vtuber dan Youtuber dikutip dari laman vazgaming.

  1. Vtuber tidak menyebutkan identitas

Jika seorang Youtuber menggunakan identitas asli yang bisa dikenali oleh para penontonnya di dunia nyata, berbeda dengan Virtual Youtuber.

Virtual Youtuber biasanya tidak menyebutkan identitas aslinya di kehidupan nyata. Mereka biasanya mengguanakan nama samaran.

Dengan metode anonim, Virtual Youtuber biasanya lebih dikenal dengan nama panggung yang digunakan. Meskipun cukup asing, nyatanya Vtuber banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia khususnya mereka yang memiliki kreativitas namun tidak ingin mengungkapkan identitasnya.

 

  1. Menggunakan avatar dari anime

 

Para Virtual Youtuber tidak hanya mengubah identitas mereka sebagai anonim namun juga menggunakan tokoh anime sebagai avatarnya.

Mereka menggunakan avatar yang unik agar bisa dibedakan dengan Virtual Youtuber lainnya serta memiliki ciri khas yang membuatnya mudah diingat oleh penonton setianya.

Seperti yang diketahui, kebanyakan Youtuber justru open cam dan menunjukkan wajah aslinya saat siaran berlangsung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan