Tak Hanya Islam, 5 Agama Ini Juga Berpuasa, Mana Puasa yang Paling Susah?

Jabarekspres.com- Saat ini umat muslim seluruh dunia sedang melaksanakan puasa Ramadhan. Dimana umat islam akan menahan untuk tidak makan, minum, hingga menahan hawa nafsu dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Taukah kamu, agama lain selain agama Islam juga memiliki ibadah puasa. Berikut adalah Agama selain Islam yang punya ibadah berpuasa.

Ibadah puasa pada dasarnya adalah menahan diri, selain itu puasa juga dapat meningkatkan rasa syukur bagi umat yang menjalankan puasa.

Berpuasa ternyata dilakukan juga oleh beberapa agama. Berikut adalah Ibadah puasa dari berbagai Agama yang dikutip dari laman, 99.co.

Buddha

Yang pertama adalah agama Budha. Agama Buddha memiliki Ibadah puasa yang disebut dengan Uposatha.

Penentuan tanggal pelaksanaan puasanya ditentukan berdasarkan aliran Buddha yang diikuti, namun tetap mengikuti perhitungan kalender Buddhis.

Saat berpuasa, umat Buddha masih diperbolehkan minum, tapi tidak boleh makan.

Ada delapan aturan selama melakukan Uposatha, yakni:

  • Tidak mencuri
  • Tidak melakukan kegiatan seksual
  • Tidak membunuh
  • Tidak berbohong
  • Tidak makan pada saat siang dan dini hari
  • Tidak menonton hiburan, memakai kosmetik, parfum, dan perhiasan

Katolik

Ibadah puasa dalam agama Khatolik dikenal istilah berpantang dan berpuasa, yakni masa puasa pra-Paskah.

Masa puasa tersebut berlangsung selama 40 hari dihitung dari Rabu Abu hingga Jumat Agung.

Puasa ini wajib bagi umatnya yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan mereka hanya diizinkan untuk makan kenyang sekali saja dalam sehari.

Lalu untuk umat yang berusia 14 tahun ke atas, mereka berpantang dengan menghindarkan diri dari hal-hal yang disukai. Seperti makan daging, garam, atau bahkan merokok.

Berpantang dan berpuasa ini merupakan cara umat Katolik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan menyatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus.

Hindu

 

Dalam ajaran agama Hindu puasa disebut Upawasa, di dalam ajaran Hindu puasa ada yang wajib untuk dilaksanakan ada juga yang tidak wajib untuk dilaksanakan.

Salah satu Upawasa yang wajib adalah Upawasa Siwa Ratri, yakni umat Hindu tidak boleh makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan