Ketua DPRD Sambut Baik Rencana PT PPI Distribusikan Minyak Goreng Curah

BANDUNG – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) ditunjuk oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk mengalokasikan serta mendistribusikan minyak goreng curah.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan sangat mengapresiasi dan menyambut langkah PT PPI selaku Badan Usaha Milik Negara yang ditunjuk guna membantu Kota Bandung untuk mengalokasikan serta mendistribusikan minyak goreng curah dari pemerintah pusat untuk pasokan di Kota Bandung.

“Kali ini PT PPI sebagai distributor akan memulai, dan distributor yang lain khususnya untuk pasar akan menyusul. Kesanggupan distribusi PT PPI satu minggu itu bisa satu sampai dua kali pengiriman 8 ribu liter,” ujar Tedy saat ditemui di kantor PT PPI, Kamis (7/4).

“Jadi kurang lebih ada 16 ribu sampai 24 ribu liter kebutuhan bagi pelaku UKM. Mudah-mudahan jadi berkah bagi pelaku UKM dan harga bisa lebih murah,” tambahnya.

Tedy menyampaikan bahwa masyarakat dan pedagang menjadi terbebani dengan kelangkaan minyak goreng terkhusus tipe curah dipasaran.

Banyak upaya dilakukan oleh pedagang agar ketersediaan minyak goreng curah tidak mempersulit warga serta konsumen.

“Kita banyak menyaksikan pedagang berani menandatangani fakta integritas untuk tidak menjual harga minyak goreng curah di atas  Harga Eceran Tertinggi (HET) di atas Rp14 ribu per liter,” katanya.

Tedy menambahkan, pihaknya rutin turun langsung ke pasar-pasar karena minyak goreng ini menjadi kebutuhan masyarakat dan benar-benar harus dikawal.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kelas bawah dan UKM sangat membutuhkan minyak goreng curah.

“Mereka bukan hanya mengeluhkan, tetapi menjerit. Jadi warga kalau untuk minyak goreng kemasan, kan itu untuk kelas menengah, ya. Jadi besar harapan masyarakat agar harga Rp14 ribu minyak goreng curah di end-user (konsumen pengguna) ini bisa diimplementasikan. Ini yang terus kita upayakan, ke sana kemari,” ungkapnya.

DPRD Kota Bandung dan Disdagin Kota Bandung masih terus berjuang untuk mencari pemenuhan stok minyak goreng bagi warga.

Pihaknya berharap distributor bisa berkomunikasi dengan pihak produsen sehingga stok minyak goreng curah di Kota Bandung terjamin.

“Stok yang dikendalikan pemerintah pusat bisa memberikan jaminan untuk Kota Bandung yang memang kebutuhannya tinggi sekali. Alhamdulillah hari ini dari Pak Bayu dan PT PPI, mudah-mudahan pekan depan bisa diimplementasikan. Kita juga untuk pasar dan masyarakat umum terus mengupayakan,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan