9 Cara Memilih Sayuran Yang Baik dan Manfaatnya

Lantas bagaimana cara membedakan mana sayur yang tak menggunakan dan yang menggunakan plestisida.

Lihatlah daun yang bolong dan tak utuh menandakan hewan kecil seperti ulat telah memakannya.

Dengan kata lain, sayuran tersebut sehat dan tak mengandung pestisida.

Sayuran Tak Keriput

Yang selanjutnya cara melihat sayuran yang baik atau tidak lihatlah keriput pada sayur.  cara ini dipakai ketika memilih sayuran umbi seperti ketang, wortel, lobak, dan juga bawang.

Jika sayuran tersebut sudah keriput artinya sudah tak lagi segar dan baik.  Sebaliknya anda lebih baik memilih sayuran yang teksturnya masih keras dan aromanya masih segar.

Lihat Tekstur dan Cium Baunya

Sayur yang baik tak memiliki bau dan teksturnya tak lembek. Syarat tersebut juga wajib ada dalam sayuran yang akan kamu pilih sebagai pertanda sayuran tersebut segar dan sehat.

Jika sayuran lembek, memiliki bau, teksturnya aneh, sebaiknya jangan kamu pilih karena itu adalah indikasi sayuran yang tak sehat.

Pilih Sayuran yang Masih Kecil

Sayuran yang kecil dan masih muda jauh lebih baik dan lebih sehat selain itu, sayuran yang kecil dan masih muda juga bisa membuat masakan jadi lebih empuk dan jauh lebih nikmat.

Ambil Sayur Dari Petani

Jika hal ini dapat dilakukan maka lakukanlah. Demi medapatkan sayur dengan kualitas yang sangat baik.  Sayur langsung dari tangan petani memiliki tekstur, aroma, bentuk, dan rasa yang masih segar.

Karena sayuran tersebut baru diambil atau dipanen langsung dari kebunnya Sayangnya, tak semua orang bisa mempraktikkan cara memilih sayuran yang sangat penting ini.

Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

Pilihlah sayuran yang belum dibersihkan, misal yang masuh kotor dengan tanah atau lumpur, juga sayur yang masih terdapat akar. Sayuran yang belum dibersihkan terbukti jauh lebih sehat, segar, serta lebih nikmat.

Beli Sayur di Pagi Hari

Ketika anda hendak membeli sayur di pasar tradisional, datanglah pada pagi hari. Sayuran dipagi hari akan masih segar dan kualitasnya baik.

Berbeda dengan sayur yang sudah lama didiamkan. Jadi ingatlah jika ingin membeli sayuran yang segar dan kualitasnya baik anda harus pergi pada pagi hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan