Apa Fungsi Puting Pria? Ini Penjelasannya

Jabarekspres.com- Bagi wanita fungsi dari puting adalah untuk menyalurkan asi untuk dikonsumsi bayi. Tapi apa fungsi puting pria? Berikut penjelasannya.

Melansir dari kanal Youtube Kok Bisa, fungsi dari puting laki-laki hampir tidak ada. Puting laki-laki merupakan sisa-sia dari proses pertumbuhan saat masih janin.

Waktu pembentukan tubuh pada saat bayi, tepatnya pada minggu ke-2, puting merupakan bagian tubuh yang pertama dibentuk sebelum alat kelamin manusia jadi.

Maka dari itu entah kita pria ataupun perempuan, kita akan sama-sama mempunyai puting,

Lantas apa fungsi dari puting pada pria?

Fungsi Puting Pria

Puting pria ternyata berguna juga untuk organ seksual.karena pada puting pria terdapat banyak syaraf yang sensitif dan bisa membuat pria kegelian.

Fakta tentang puting pria

terdapat beberapa terkait puting susu pria yang kami kutip dari laman sehatq.com.

  1. Puting pria bisa mengeluarkan ASI

Ternyata laki-laki juga bisa mengeluarkan cairan air susu ibu. Namun biasanya ini terjadi karena keadaan yang tidak normal.

Produksi ASI tak lepas dari peran hormon prolaktin yang diproduksi oleh kelenjar pituitari. Hormon ini lantas akan merangsang aktivitas kelenjar mammary untuk memproduksi ASI.

Baik pria maupun wanita sebenarnya sama-sama memproduksi hormon prolaktin. Namun, kadar prolaktin pada wanita yang sedang tidak hamil dua kali lebih banyak ketimbang pria.

Jumlah ini pun akan semakin meningkat saat wanita hamil.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pada sejumlah pria yang menjadi tahanan Perang Dunia II, terjadi peningkatan produksi hormon yang akhirnya memicu keluar susu dari puting ketika mereka diberi asupan nutrisi pasca mengalami kelaparan.

Selain itu, gangguan kesehatan seperti sirosis hati juga disebut-sebut dapat mengacaukan metabolisme hormon tubuh yang mengakibatkan puting pria mengeluarkan ASI.

  1. Kondisi kesehatan bisa membuat puting pria mengeluarkan cairan abnormal

Ada beberapa gangguan kesehatan dapat membuat puting laki-laki terasa nyeri dan bahkan mengeluarkan cairan abnormal seperti:

  • Ginekomastia
  • Duct ectasia
  • Infeksi payudara
  • Tumor kelenjar pituitari
  • Papiloma intraduktal
  1. Pria dapat terkena kanker payudara

Pria juga berisiko mengalami penyakit kanker payudara yang juga secara otomatis memengaruhi puting susunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan