Ridwan Kamil Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Uji Coba pada November

BANDUNG – Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan mulai uji coba pada bulan November 2022 nanti.

Adanya uji coba tersebut, menurut Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—mengukapkan bahwa uji coba tersebut akan berbarengan dengan perhelatan G20.

“Kedatangan direksi KCJB atau Kereta Cepat Jakarta Bandung, ini memberikan berita baik bahwa bulan November pada perhelatan G20, kereta cepat Jakarta Bandung akan bereksperimen, memulai uji coba pengoperasian. Sehingga akan menimbulkan semangat bahwa semua sesuai proses,” ucap Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (7/4).

Bahkan per hari ini, Emil mengatakan bahwa proyek tersebut sudah berada di angka 80 persen.

“Jadi sudah ada pergerakan, per hari ini sudah 80 persen, dan pengoperasian yang sudah disepakati adalah di bulan Juni 2023. Penumpang pertama sudah bisa menggunakan kereta yang kita tunggu-tunggu,” paparnya.

“November (2022), warga Jabar bisa melihat kereta api cepat terlihat di lapangan bolak balik di atas rel dan akan dipamerkan di G20,” tambahnya.

Selain itu, seiiring dengan pertumbuhan ekonomi yang kian membaik, Emil mengukapkan bahwa beberapa daerah sudah berminat untuk membangun Transit Oriented Development (TOD) didekat jalur KJCB.

“Pertama paling progresif adalah di Halim (Jakarta), Itu sudah ada pengembang yang akan membangun Rumah Sakit, Mall, dan lain-lain. Kemudian TOD di karawang, Hotel dan Perkantoran mulai didesain. Walini, walau pun per hari ini diputuskan belum ada stasiun, tadi ada opsi pihak ketiga akan menyumbangkan stasiunnya dari dana pihak ketiga,” ucapnya

“Sehingga bisa mengambangkan dari PTPN Kota baru Walini dan Tegal luar walaupun sambungan LRT nya tidak jadi. Tapi jembatan mobil itu sedang diupayakan hadir sehingga nanti kawasannya tetap bisa hidup termasuk wacana pemindahan pusat Pemerintah jabar salah satu opsi di Tegal luar, kalau akses jembatan itu ada menjadi sangat memungkinan,” imbuhnya.

Bahkan adanya hal tersebut juga, Emil mengatakan bahwa sudah ada beberapa investor yang akan berpartisipasi dalam pengembangan di daerah yang dilalui oleh jalur KJCB.

Sehingga, KCJB atau Kereta cepat Jakarta Bandung akan memiliki dua fungsi seperti transportasi dan alat pertumbuhan ekonomi di wilayah Khususnya Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan