Untuk Mengetahui Hasil Sidang Isbat 2022 Nanti, Klik Link Streaming Disini

Jabarekspres.com- Sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Ramadhan akan dilaksanakan hari Jumat (1/4/2022)  hari ini. Jika anda ingin mengetahui hasil sidang isbat pantau link dibawah ini.

Sidang isbat ini akan dilasanakan secara hybrid. Sidang isbat yang dilaksanakan secara luring akan dilaksanakan di di Auditorium HM. Rasjidi  Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sidang isbat akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Adapun lembaga-lembaga yang akan hadir dalam sidang Isbat adalah perwakilan ormas Islam, lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, MUI, dan Komisi VIII DPR RI.

sidang penentuan awal ramadham akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan perhitungan astronomi.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain data hasil hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

Kemudian tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag

Kementrian Agama juga sudah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

Tujuan dari sidang isbat nantinya adalah menentukan 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa.

Jika berkaca pada tahapan sidang isbat yang sudah berlangsung tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kita sudah bisa mendapatkan informasi kepastian 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa sebelum tengah malam.

Maka dari itu, Anda bisa mengikuti sidang isbat di televisi dan mendapatkan kabar secara langsung dari konferensi pers.

Biasanya pihak Kemenag  juga akan melaksanakan konferensi pers secara live.

Jika berpatokan pada kalender nasional, kita akan mendapatkan 1 Ramadhan 2022 pada tanggal 2 April 2022.

Sebelum mendengar hasil sidang isbat mengenai kepastian 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa, Anda bisa berpegangan dulu pada penetapan 1 Ramadhan yang tertera di kalender untuk melakukan persiapan.

Demikianlah jadwal sidang Isbat yang akan dilaksanakan hari ini Jumat (1/4/2022). Berikut link streaming sidang isbat klik disini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan