Jadwal Sidang Isbat Hari Ini, Jangan Ketinggalan!

Jabarekspres.com- Bulan Ramadhan akan segera tiba, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan mulai dilaksanakannya puasa di tahun 2022 atau 1 Ramadhan 2022. Jawabannya ada di sidang isbat nanti. berikut jadwal sidang isbat 2022.

Masyarakat dapat mengetahui kapan awal puasa lewat sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kemenag atau Kementrian Agama dan pihak-pihak terkait.

Untuk penetapan penetapan 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar penentuan awal puasa yang juga merupakan agenda tahunan rutin.

Melansir dari laman Suara.com, bahwasanya penentuan awal puasa akan dilaksanakan hari Jumat (1/4/2022) atau pada malam 29 Syakban 1443 Hijriyah.

Adapun acara ini akan dilasanakan secara daring dan luring. Sidang yang dilaksanakan secara luring akan dilaksanakan di di Auditorium HM. Rasjidi  Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

penentuan awal puasa akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Adapun lembaga-lembaga yang akan hadir dalam sidang Isbat adalah perwakilan ormas Islam, lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, MUI, dan Komisi VIII DPR RI.

Tujuan utama dari sidang isbat nantinya adalah menentukan 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa.

Setelah ditentukan, umat Islam dapat  melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada hari yang ditunjuk. Adapun tahapan penentuan awal puasa adalah sebagai berikut:

  1. Pemaparan posisi hilal mulai pada pukul 17.00 WIB
  2. Pelaksanaan sidang isbat digelar secara tertutup setelah shalat magrib
  3. Konferensi pers pemberitahuan sidang isbat.

Jika berkaca pada tahapan yang sudah berlangsung tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kita sudah bisa mendapatkan informasi kepastian 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa sebelum tengah malam.

Maka dari itu, Anda bisa mengikuti sidang penentuan awal puasa di televisi dan mendapatkan kabar secara langsung dari konferensi pers.

Biasanya pihak Kemenag  juga akan melaksanakan konferensi pers secara live.

Jika berpatokan pada kalender nasional, kita akan mendapatkan 1 Ramadhan 2022 pada tanggal 2 April 2022.

Sebelum mendengar hasilnya tentang kepastian 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa, Anda bisa berpegangan dulu pada penetapan 1 Ramadhan yang tertera di kalender untuk melakukan persiapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan