5 Tanda Anak Kurang Mendapatkan Perhatian dari Orang Tua

Jabarekspres.com – 5 perilaku ini bisa menjadi tanda kalau anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

Memang, dalam memberikan perhatian pas kepada anak itu tidak mudah. Pasalnya banyak orang yang beranggapan kalau berlebihan bisa bikin anak menjadi manja.

Akan tetapi, jika sang anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya, justru akan menimbulkan sifat dan perilaku tertentu.

Sebagaimana dilansir dari mommiesdaily (4/1), berikut ini 5 tanda anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

1. Sering meminta bantuan

Ketika sang buah hati sering meminta bantuan, maka bisa menjadi upaya untuk mendapatkan waktu dan perhatian Anda.

Mereka bukan karena tidak bisa, tapi ingin meminta Anda untuk meluangkan waktu bersamanya.

Jika perhatian untuk mereka dirasa cukup, pasti tidak akan meminta bantuan untuk sesuatu hal yang sudah bisa dilakukan.

2. Terlihat murung

Apabila sikap anak yang tadinya ceria, energik, kemudian berubah menjadi terlihat murung, bahkan sedih. Itu bisa menjadi tanda bahwa mereka memerlukan lebih banyak cinta, perhatian dan waktu bersama.

Perhatian tidak melulu harus diberikan dalam bentuk materi, sebab yang mereka butuhkan adalah quality time bersama orang tuanya.

3. Melampiaskan energi negatif terhadap benda atau orang-orang di sekitar

Bentuk dalam mencari perhatian seorang anak kepada orang tuanya adalah dengan melampiaskan energi negatif terhadap benda atau orang sekitar.

Mereka terkadang menghalalkan berbagai cara. Misalnya, dengan cara melempar mainannya, atau berperilaku agresif terhadap kakak, adik atau saudaranya.

Dengan demikian, nasihat atau bahkan omelan kepada sang buah hati, dapat membuat mereka merasa di tengok oleh Anda.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengajari anak dalam mengelola emosinya, agar tidak melukai orang lain ketika merasa kecewa atau marah.

4. Berpura-pura sakit

Setiap anak pasti mengetahui disaat dirinya sakit maka akan mendapatkan perhatian yang banyak dari orang tuanya.

Tujuan mereka melakukan hal itu yaitu hanya ingin menghabiskan waktu bersama orang tua di rumah dan pastinya ingin diperhatikan.

Semua orang tua pasti menyadari kalau anak sedang berpura-pura sakit. Ketimbang memarahi anak, lebih baik tanyakan kondisinya secara jujur dan berikan waktu untuknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan