Benarkah Nasi Putih Dingin Bagus untuk Penderita Diabetes? Begini Penjelasannya

Jabarekspres.com – Nasi putih dingin bagus bagi penderita diabetes, benarkah demikian?

Nasi putih merupakan jenis makanan yang harus dikurangi oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula pada penderitanya.

Seperti dilansir dari laman Alodokter, dr. Caroline Claudia menjelaskan nasi putih biasa kaya akan zat pati atau karbo. Namun tidak pada nasi putih dingin.

“Nasi putih kaya akan zat pati atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap dengan cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat,” katanya.

“Namun, zat pati tersebut dapat diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten). Cara mengubahnya adalah dengan menyimpan nasi yang telah matang di dalam kulkas bersuhu 4°C selama 24 jam,” tambahnya.

Setelah itu, nasi putih dapat dihangatkan kembali sebelum dimakan. Zat pati pada nasi dingin yang sudah dihangatkan kembali ini nantinya menurut dr. Caroline, akan lebih sulit dicerna, membatasi penyerapan karbohidrat oleh usus.

Itulah mengapa nasi putih dingin dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes. Meski namanya dingin, bukan berarti Anda harus memakannya dingin-dingin.

“Anggapan bahwa mengonsumsi nasi putih dingin lebih baik bagi penderita diabetes ternyata benar. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya,” jelasnya.

Menurut dr. Caroline Claudia berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyiapan nasi dingin.

Pertama, nasi dingin harus dikondumsi dalam jangka panjang, dengan begitu efeknya terasa dalam menstabilkan kadar gula darah.

Kedua, simpan Nasi putih pada wadah bersih, untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Ketiga, hindari lauk yang manis, berlemak dan berkalori tinggi, untuk dinikmati bersama dengan nasi dingin.

Keempat, meski dihangatkan kembali, kata dr. Caroline, hal ini justru membuat terkstur nasi putih menjadi lebih nikmat untuk disantap. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan