Fitur Baru WhatsApp, Bisa Kirim File Bisa Sampai 2 GB

Jabarekspres.com – Selain dikenal sebagai platform perpesanan instan atau instant messaging, WhatsApp juga banyak digunakan untuk sarana berkirim file. Adapun file yang paling sering dikirim via WhatsApp biasanya merupakan file foto, video, atau berbagai jenis file dokumen.

WhatsApp sendiri banyak dikritik lantaran mengirim file foto yang sudah dalam bentuk compress atau ukuran file yang direduksi. Akibatnya, foto yang dikirim jadi berukuran lebih kecil dan berkualitas lebih rendah.

Kemudian kendala lainnya saat berbagai dokumen adalah ukurannya yang jelas terbatas. Diketahui, WhatsApp saat ini membatasi ukuran file media yang bisa dikirimkan maksimal hanya 100 MB.

Nah, untuk Anda pengguna setia WhatsApp yang biasa menggunakan platform ini untuk berbagi file, ada kabar gembira. WhatsApp saat ini dikabarkan sedang menguji batas file yang bisa dikirimkan mencapai ukuran 2 GB, jauh lebih besar untuk transfer file antarpengguna platform pesan instan tersebut sebelumnya.

Informasi terkait fitur ini seperti biasa diungkap oleh WABetaInfo. Kemampuan berbagi file WhatsApp telah menjadi fitur utama layanan, dan aplikasi telah menyertakan kemampuan untuk berbagi file media dalam percakapan sejak 2017, tetapi seperti sudah disinggung di atas, batasan ukuran file hanya 100 MB dan tidak berubah sejak saat itu.

Namun, menurut tangkapan layar iOS yang dibagikan oleh WABetaInfo, layanan milik Meta itu diketahui telah menguji coba batas ukuran file 2 GB baru untuk beberapa pengguna di Argentina selama beberapa hari terakhir.

Menaikkan batas transfer file hingga 2 GB jelas akan membuat platform lebih mudah untuk berbagi dokumen berukuran besar, terutama klip video dan jenis file media besar lainnya. Bakal ditransfer dengan aman melalui enkripsi ujung ke ujung WhatsApp.

Fitur baru tersebut ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.8.5, 2.22.8.6, dan 2.22.8.7. Tidak ketinggalan WhatsApp beta untuk iOS versi 22.7.0.76 juga sudah mendapatkan update ini.

Bagi yang menantikan fitur ini, tampaknya perlu sedikit bersabar. Pasalnya, masih tidak jelas apakah uji coba fitur ini merupakan uji coba lokal sementara atau awal dari peluncuran yang lebih luas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan