Pengamat Bela Megawati Demo Masak Tanpa Minyak Goreng: Visioner!

Jabarekspres.com – Pengamat Politik M Qodari ikut mengutarakan pendapatnya menyoroti aksi Megawati demo masak tanpa minyak goreng yang kini menjadi sorotan.

Dalam pandangan Direktur Eksekutif Indo Barometer itu, ide Megawati Soekarnoputri yang meminta agar kaum ibu-ibu tak terpaku terhadap minyak goreng cukup realistis.

M Qodari pun secara terbuka mengapresiasi usulan dari Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Sebab, menurutnya ada beragam cara memasak selain memakai minyak goreng.

Seperti pesan yang ingin disampaikan saat Megawati demo masak tanpa minyak goreng, kata dia, memasak itu bisa dengan cara merebus, membakar, hingga mengukus.

M Qodari menilai, usulan yang disampaikan Megawati sangat visioner dari seorang pemimpin, meski usulan tersebut dikritik atau usulan itu tidak populer.

“Saya mengatakan justru itu komunikasi politik yang tepat ya, karena seorang pemimpin itu harus mengatakan sesuatu yang benar walau itu tidak popular,” kata M Qodari.

“Bu Mega menunjukkan komunikasi politik yang berani, dia seorang pemimpin yang punya visi yang benar,” Direktur Eksekutif Indo Barometer itu menambahkan.

Dalam dunia kesehatan, lanjut M Qodari, memang dianjurkan untuk mengurangi masakan digoreng, karena kolesterol berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, kata dia, usulan Presiden kelima Indonesia itu sangat tepat, hingga kebiasaan minyak goreng dijadikan sembako perlu dihilangkan ke depan.

Doktor Ilmu Politik jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menolak anggapan dari salah satu pengamat yang menilai pernyataan Megawati komunikasi yang ceroboh.

“Semua ahli kesehatan akan mengatakan merebus itu lebih sehat dari menggoreng. Jadi, memang Bu Mega itu benar dan dia (pengamat) salah menilai komunikasi Bu Mega bermasalah,” tuturnya.

“Itu justru terobosan berpikir dari Bu Mega, keluar dari salah kaprah yang ada selama ini dan itu nilai relevansinya luar biasa karena Bu Mega kan seorang wanita, seorang ibu juga,” kata dia menegaskan.

Sebagaimana diketahui, pada hari Senin, 28 Maret 2022 kemarin Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga mantan Presiden RI Megawati demo masak tanpa minyak goreng.

Program acara demo masak ini digelar di Sekolah PDIP di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Acara ini juga berlangsung secara online lewat akun resmi PDIP di YouTube dan Facebook.

Tinggalkan Balasan