Bank bjb Dukung Pembangunan Desa di Jawa Barat Melalui Pemberdayaan BUMDes

GARUT – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) senantiasa mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pembangunan desa di Jawa Barat demi pemerataan ekonomi.

Komitmen bank dengan kode saham BJBR ini dibuktikan melalui dukungan terhadap kegiatan “Gebyar Desa” di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam rangka ekpose keberhasilan Pembangunan Desa di Provinsi Jawa Barat, Senin 28 Maret 2022 di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Untuk tingkat Kabupaten Garut digelar Launching BUMDes yang dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Nurdin Yana dan Pemimpin bank bjb Cabang Garut Mochamad Indra.

Launching BUMDEs Kabupaten Garut dihadiri perwakilan 42 kecamatan dengan tujuan membangkitkan gairah para kepala desa untuk berinovasi berkolaborasi dengan cara digitalisasi karena setiap desa memiliki potensi yang sangat luar biasa diantaranya bidang pertanian perikanan dan yang lainnya.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bank bjb berkomitmen untuk mendukung pengembangan perekonomian desa melalui pemberdayaan BUMDes.

Dia menjelaskan bank bjb Cabang Garut menggandeng Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut untuk memberdayaan BUMDes dengan pendekatan Penthahelix.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan Agen Laku Pandai bjb BiSA kepada 41 BUMDes yang merupakan pilot project dari total 415 BUMDes telah dilaksanakan dari tanggal 15 – 18 Februari 2022.

“Bank bjb mendukung usaha pemerintah dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan potensi desa yang dapat membuka akses layanan perbankan melalui Agen Laku Pandai,” kata Widi.

Menurutnya, program Satu BUMDes Satu Agen Laku Pandai bank bjb punya potensi yang menjanjikan karena dapat menjadi pintu pengembangan bisnis seperti produk Kredit Mesra, DPLK bank bjb serta penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank bjb.

Pengembangan dan pemberdayaan potensi desa yang dilakukan bank bjb dapat membuka akses layanan perbankan melalui Agen Laku Pandai sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan.

“Satu BUMDes Satu Agen Laku Pandai bank bjb dapat mewujudkan pemahaman pengelolaan keuangan yang bersumber dari pemerintah desa sehingga dapat memberdayakan potensi usaha pemerintah desa melalui BUMDes,” ujarnya.*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan