Tips Bangun Ikatan Emosional Ibu dan Anak

Jabarekspres.com – Membangun Ikatan emosional atau bonding antara ibu dan anak tidak bisa muncul begitu saja, perlu dipupuk sejak dini agar anak bisa tumbuh serta berkembang dengan nyaman, menjadi pribadi yang terbuka, saling menghormati dan mendengarkan dengan keluarga.

Aktivitas di dalam rumah, bisa menjadi jembatan membangun bahkan menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak dengan aktivitas menyenangkan.

Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando, mengungkapkan, beberapa ibu belum memahami bagaimana cara yang tepat untuk membangun ikatan emosional dengan anak sejak dini.

Terlebih, banyak pula yang belum mampu mengendalikan emosinya saat di rumah karena adanya beban pekerjaan dan tanggung jawab lainnya sebagai ibu rumah tangga.

Untuk itu, hal paling penting yang perlu diperhatikan agar bonding bisa berjalan dengan baik adalah orang tua khususnya ibu bisa mengendalikan emosi. Salah satunya caranya membagi jadwal harian di rumah.

Bukan hanya untuk urusan rumah tangga dan anak, tapi juga waktu me time. Sehingga tidak mudah marah dan bisa lebih jernih memikirkan kegiatan yang menyenangkan di rumah.

“Usahakan punya me time karena kadang kalau kita punya keterbatasan maka waktu istirahat itu bisa bikin kita berpikir lebih jernih dan bisa mengelola emosi,” ujar Ajeng saat konferensi pers Yuk Nari! Challenge yang diadakan LOTTE Choco Pie baru-baru ini.

Selain itu, ada beberapa cara untuk menumbuhkan ikatakan emosional. Setidaknya, ungkap Ajeng, setidaknya ada 4 cara guna membangun bonding dalam kehidupan sehari-hari. Cukup sederhana.

Pertama,  The Power of Touch & Hugs. Sentuhan dan pelukan untuk anak telah terbukti ampuh dalam menjalin ikatan emosional antara ibu dan anak. Bisa dilakukan saat bangun tidur atau mau tidur malam.

Kedua, The Power of Communication. Ini menjadi mantra penting dalam membina ikatan emosional antara orang tua dan anak. Selalu berusaha tanya pendapat anak maupun perasaannya setiap melakukan kegiatan. Tapi jangan hanya sekadar bertanya seperti interogasi.

Ketiga, The Power of Playing Together. Tidak ada yang menggembirakan selain bisa meluangkan waktu bermain bersama. Siapkan waktu khusus untuk bermain dengan anak. Seperti membaca buku cerita dan membuat mainan baru DIY. Bisa pula main musik bersama hingga menari, berolahraga, dan menyanyi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan