Sempat Dilarikan ke IGD, Maia Estianty Idap GERD, Apa Itu?

Jabarekspres.com – Kabar kurang sedap menimpa produser musik Maia Estianty yang sempat di larikan ke rumah sakit. Istri Irwan Mussry ini mesti mendapat perawaran lantaran terkena GERD. GERD sendiri merupakan penyakit naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan sehingga membuat penderitanya merasakan sensasi terbakar pada dada (heartburn). Di beritakan Tribunnews, Maia Estianty idap GERD pada Minggu 27 Maret 2022. Maia pun di larikan ke rumah sakit tengah malam, akibat GERD.

Kabar Maia Estianty di larikan ke rumah sakit ini di kabarkan oleh ibu tiga anak itu sendiri. Melalui Instagramnya, Maia Estianty mengunggah potret Dul yang mengantarkannya. “Mamaknya tumbang, di anter ke IGD ama anak bontot tengah malem. So sweet @duljaelani. Love you,” tulis Maia Estianty, di kutip dari Instagram @maiaestiantyreal, Minggu (27/3/1022). Maia Estianty mengaku ini merupakan pengalaman pertamanya menghadapi GERD. “Pertama kali kena GERD, ampun deh sakitnya,” tuturnya.

Rasa tidak nyaman yang di rasakan Maia Estianty idap GERD ini bisa terjadi beberapa kali seminggu. Lalu apa itu GERD?

GERD adalah kondisi naiknya (refluks) asam lambung dari perut ke kerongkongan secara kronis. Melansir Cleveland Clinic, refluks asam bisa terjadi karena katup di ujung kerongkongan, tepatnya di bagian sfingter esofagus bagian bawah, tidak menutup saat makanan sampai di perut. Akibatnya, asam lambung mengalir kembali melalui kerongkongan ke tenggorokan. Penderitanya pun bisa sampai merasakan rasa asam di mulut.

Penyakit GERD di sebabkan melemahnya otot yang mengatur katup di bagian bawah esofagus. Sehingga, asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Dalam kondisi normal, katup ini dapat tertutup rapat setelah makanan dari mulut masuk ke perut.

Melansir Web MD, dokter biasanya merekomendasikan penderita GERD untuk mengubah gaya hidup dan memperbaiki pola makan. Perawatan atau pengobatan bertujuan untuk mengurangi intensitas refluks atau menekan kerusakan pada lapisan esofagus akibat paparan asam lambung. Selain itu, penderita GERD di sarankan untuk mengatur porsi makan atau makan dalam ukuran kecil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan