Ketahuan Bakal Beli Gorden Baru Rp48,7 M, Begini Klarifikasi Sekjen DPR

Jabarekspres.comSekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar akhirnya memberikan klarifikasi soal rencana pengadaan gorden baru DPR berbiaya Rp48,7 miliar.

Dalam keterangannya, Indra menyampaikan bila pembelian gorden baru DPR dengan nilai puluhan miliar itu telah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

Lebih lanjut, Indra Iskandar pun membantah adanya tudingan bila pembelian gorden bernilai fantastis itu seolah tak peka dengan situasi dan kondisi ekonomi masyarakat.

Pasalnya, dia berdalih rencana pengadaan gorden baru DPR telah sudah diajukan sejak tahun 2009 silam. Akan tetapi saat itu anggaran yang dibutuhkan tak mencukupi.

Tak hanya menjelaskan soal pengadaan gorden baru DPR berbiaya Rp48,7 miliar, Sekjen DPR RI itu juga menjelaskan dana Rp11 miliar untuk pengaspalan kompleks parlemen.

“Sudah 13 tahun sampai sekarang gak pernah diganti. Sehingga, di 2022 setelah anggarannya tersedia, kami memasukkan komponen untuk penggantian gorden,” ujarnya, Senin 28 Maret 2022.

Pengadaan gorden tersebut, lanjut Indra, sudah dilakukan dengan mekanisme lelang terbuka dan menekankan di dalam rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) sangat jelas.

“Dua kali saya rapat, adalah harus berazaskan kepentingan produksi dalam negeri itu ditegaskan dalam RKSnya,” jelas Indra.

Karena belum ada alokasi anggaran dari pemerintah sejak 13 tahun lalu, kata dia, untuk keamanan kenyamanan anggota dewan terpaksa sebagian anggota ada yang membeli secara pribadi.

“Di tahun 2022 ini baru didapatkan alokasi anggaran penggantian gorden dan anggaran ini hanya bisa dialokasikan untuk 505 unit rumah (dinas anggota DPR),” tuturnya.

“Hanya untuk 505 unit rumah itu per rumahnya rata rata sekitar 80 juta sekian sama pajak 90 jutaan per rumah,” ucap Sekjen DPR RI itu.

Mengenai dana gorden yang fantastis, Indra menyebut ada beberapa komponen. Di antaranya lantai satu untuk jendela ruang tamu, lalu dua pintu jendela ruang keluarga.

Selanjutnya, tiga jendela ruang kerja, empat ruang tidur utama, lima jendela dapur, enam jendela tangga.

Kemudian, kata dia, untuk lantai dua jendela ruang tidur anak, kemudian jendela ruang tidur anak, jendela void ruang keluarga dan jendela ruang tidur ART.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan