Fakta dan Mitos Soal Tidur, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini

Fakta dan Mitos Soal Tidur – Setiap orang menginginkan untuk selalu bisa tertidur nyenyak di malam hari. Dilansir dari CNN, sebuah studi mengungkap jika kebanyakan dari kita mempraktikkan kebiasaan tidur yang buruk tanpa menyadarinya. Jika dibiarkan terus menerus, ini bisa menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Di sekitar kita pun, sering terdengar saran-saran tentang cara untuk tidur nyenyak. Sayangnya, tidak semua saran tersebut merupakan sebuah fakta yang didasarkan pada sains. Lalu, apa saja mitos dan fakta soal tidur yang sering ada di sekitar kita?

Berbaring lama di tempat tidur akan membuatmu terlelap

Ini adalah mitos soal tidur. Para ahli mengatakan, jika berbaring di tempat tidur, bahkan dengan mata tertutup, lebih dari 15 hingga 20 menit adalah salah satu hal terburuk yang bisa kalian lakukan. Pasalnya, ini melatih otak untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan kurang tidur. Michael Grandner, seorang psikolog klinis dan ahli tidur mengatakan kepada CNN jika ini dapat memicu insomnia kronis.

“Ini berlawanan dengan intuisi, tetapi menghabiskan waktu di tempat tidur dalam keadaan terjaga mengubah tempat tidur menjadi kursi dokter gigi,” ujar Grandner, yang memimpin program penelitian tidur dan kesehatan di University of Arizona dan Behavioral Sleep Medicine Clinic di Banner-University Medical Center di Tucson, Arizona.

Tidak boleh bermain ponsel jika terbangun di malam hari

Ini adalah fakta. Menurut para ahli, menyingkirkan smartphone (atau perangkat listrik apa pun yang memancarkan cahaya biru atau blue light) dari kamar tidur sekitar satu jam sebelum tidur dan sepanjang malam adalah rahasia dari tidur nyenyak.

Cahaya menyebabkan tubuh berhenti memproduksi meletonin, bantuan tidur alami pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru sangat beracun untuk tidur.

Jadi ketika kalian bangun tidur setelah 20 menit kurang tidur, hindari cahaya terang, menonton TV atau melihat media sosial. Sebaliknya, biarkan lampu temaram dan lakukan sesuatu yang tidak penting, misalnya melipat kaos kaki.

Tidak boleh membiarkan anjing atau kucing tidur di tempat tidur

Tinggalkan Balasan