Tips Menolong Seseorang Saat Terkena Sengatan Listrik

Jabarekspres.com – Sengatan listrik dapat menyebabkan luka bakar, atau bisa juga tidak meninggalkan bekas yang terlihat pada kulit. Seperti yang dilansirdari Mayo Clinic, dalam kedua kasus, arus listrik yang melewati tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ, henti jantung, atau cedera lainnya.

Dalam keadaan tertentu, bahkan sejumlah kecil listrik bisa berakibat fatal. Seseorang yang terluka karena tersengat listrik harus segera diperiksa oleh dokter.

Berikut ini tips menolong seseorang saat terkena sengatan listrik.

1. Waspada dengan Kabel

Waspada dengan sumber luka bakar yakni kabel tegangan tinggi atau petir. Jangan mendekati kabel tegangan tinggi sampai listrik dimatikan. Saluran listrik overhead biasanya tidak diisolasi. Jauhkan setidaknya sekitar 6 meter.

Dan jangan pernah, menyentuh orang jika dia masih berhubungan dengan arus listrik. Jangan pindahkan orang yang tersengat listrik kecuali dia berada dalam bahaya langsung.

2. Hubungi Petugas Darurat

Hubungi nomor darurat lokal jika korban luka bakar parah, kebingungan, sulit bernapas, masalah irama jantung (aritmia), gagal jantung, nyeri otot dan kontraksi, kejang, penurunan kesadaran.

3. Lakukan Hal Ini Sambil Menunggu Bantuan Medis

Matikan sumber listrik, jika memungkinkan. Jika tidak, jauhkan sumbernya dari Anda dan orang tersebut dengan menggunakan benda kering nonkonduktor yang terbuat dari karton, plastik, atau kayu.

4. CPR

Mulailah (Resusitasi Jantung Paru) atau bantuan hidup dasar pernapasan atau CPR jika orang tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sirkulasi, seperti bernapas, batuk, atau bergerak. Cobalah untuk mencegah orang yang terluka menjadi kedinginan.

5. Tutup dengan Perban

Tutupi area yang terbakar dengan perban kasa steril, jika tersedia, atau kain bersih.

6. Pilih Kain yang Baik

Jangan gunakan selimut atau handuk, karena serat yang longgar dapat menempel pada luka bakar. (jawapos)

Tinggalkan Balasan