Inilah 5 Amalan yang Disunnahkan Sebelum Hendak Tidur, Patut Dicoba

Jabarekspres.com – Berikut ini adalah 5 amalan yang disunnahkan pada saat sebelum tidur.

Dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, umat Islam selalu mengikuti tuntunan dari Rasulnya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Beliau mengajarkan amalan yang bisa dilakukan sebelum manusia tertidur setelah lelah menjalani aktivitasnya seharian penuh.

Tidak heran jika Rasulullah merupakan sosok teladan bagi umat islam, karena selalu mengajak manusia untuk hidup dengan petunjuk Allah.

Ternyata ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum tidur dan sesuai kebiasaan Rasulullah, dengan mengikutinya pasti akan mendapatkan pahala di sisi Allah. Berikut ini 5 amalan yang disunnahkannya.

1. Membersihkan tempat tidur

Diriwayatkan dari HR.Bukhari dan Muslim membersihkan tempat tidur merupakan upaya untuk menjaga diri dari kotoran atau sesuatu yang membahayakan.

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berwudhu sebelum tidur

Dalam hadis yang diriwayatkan dari HR.Bukhari dan Muslim, dianjurkan untuk berwudhu selayaknya akan melakukan sholat.

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR.Bukhari dan Muslim).

3. Membaca do’a sebelum tidur

Dari Hudzaifah meriwayatkan dari HR.Bukhari, bahwa hidup dan mati adalah milik Allah SWT, dengan membaca doa sebelum tidur, tidur kita terhitung sebagai ibadah.

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari).

4. Membaca surat Al-Ikhlas

Hitungan pahala jika membaca Surah Al-Ikhlas tiga kali sebelum tidur, maka hal itu sama nilainya dengan mengkhatamkan Al-Qur’an.

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, surat al-Ikhlas itu senilai sepertiga al-Quran.” (HR. Bukhari 5013 dan Ahmad 11612).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan