Proposal Usaha: Pengertian, Jenis & Contohnya

Jabarekspres.com – Sebagai bentuk tulisan persuasif, proposal usaha bertujuan meyakinkan penerima untuk bertindak sesuai dengan maksud penulis dan sekaligus menguraikan tujuan dan metode penulis.

Ada beberapa jenis proposal: proposal bisnis dan proposal akademik atau proposal penelitian. Meskipun berbeda, pada dasarnya semua itu mengikuti serangkaian pedoman tertentu. Namun kali ini kita hanya akan membicarakan tentang proposal usaha.

Apa itu proposal usaha?

Dalam buku Knowledge Into Action, Wallace dan Van Fleet mengatakan bahwa proposal adalah bentuk tulisan persuasif; setiap elemen dari setiap proposal harus disusun dan disesuaikan untuk memaksimalkan dampak persuasifnya.

Secara komposisi, terutama dalam penulisan bisnis dan teknis, proposal adalah dokumen yang menawarkan solusi untuk masalah atau tindakan dalam menanggapi kebutuhan.

Jenis-jenis Proposal Usaha

Proposal usaha atau bisnis pun mempunyai mempunyai jenis yang beragam. Berikut ini merupakan jenis proposal usaha pada umumnya:

  • Proposal Internal

Proposal internal atau biasa juga disebut sebagai laporan justifikasi. Ia disusun untuk pembaca di berbagai departemen, divisi, atau perusahaan dan umumnya pendek dalam bentuk memo dengan tujuan memecahkan masalah secepat mungkin.

  • Proposal Eksternal

Proposal eksternal, di sisi lain, dirancang untuk menunjukkan bagaimana satu organisasi dapat memenuhi kebutuhan yang lain. Mereka mungkin diminta mungkin hendak memenuhi permintaan atau tanggapan.

  • Proposal Penjualan

Proposal penjualan harus menawarkan deskripsi terperinci tentang pekerjaan yang seorang sales harus lakukan  sebagai cara pemasaran untuk menarik pembeli potensial.

  • Proposal Tunjangan

Terakhir, proposal tunjangan atau bantuan dana adalah dokumen atau aplikasi yang diselesaikan sebagai tanggapan atas permintaan proposal yang diberikan oleh lembaga pemberi hibah.

Contoh Proposal Usaha

Proposal bisnis sebenarnya agak mirip dengan perencanaan bisnis. Proposal bisnis dirancang untuk menguraikan misi dan visi bisnis dan memberikan langkah-langkah konkret untuk menggapai tujuan.

Proposal mungkin formal dan informal, tetapi mereka cenderung mengikuti satu jenis struktur dan harus disesuaikan dengan produk tertentu dan kebutuhan pelanggan.

Berikut ini merupakan cara bagaimana menulis proposal bisnis informal. Kamu dapat melewati langkah-langkah penelitian lengkap yang diuraikan di bawah ini dan tetap berpegang pada tinjauan komprehensif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan