Keuken Van Elsje Suguhkan Makanan dan Interior Khas Belanda Tempo Doloe

BANDUNG – Bangunan khas Belanda di Kota Bandung masih sering kita jumpai, salah satu bangunan yang masih kental dengan interior khas Belanda yaitu di Keuken Van Elsje yang berada di Jalan Buton Nomor 11, Kecamatan Sumur Bandung.

Keukeun Van Elsje memiliki interior klasik khas Belanda yang akan membuat memori seseorang yang pernah hidup di zaman pemerintahan Belanda di Indonesia beberapa puluh tahun silam.

Saat memasuki bangunan Keuken Van Elsje, pengunjung akan melihat suasana yang begitu tenang, nuansa klasik dengan interior khas zaman dulu disetiap sudut, tak diubah sedikitpun oleh sang pemilik dari tahun ke tahun.

Lampu ukiran, masih bisa menerangi ruang depan, tak hanya itu kursi bergaya abad ke-18 masih bisa digunakan, meskipun perlu sedikit diperbaiki, Bangku di ruangan tersebut masih memberikan kenyamanan saat bersandar, apalagi aroma bambu yang begitu khas, bagai mengajak kita masuk ke dalam suasana lawas.

Ketika memasuki ruangan lainnya, terlihat meja dan kursi yang begitu unik, dilengkapi oleh ornamen tungku perapian khas ruangan di negara-negara eropa, seakan-akan membuat suasana hangat di ruangan tersebut.

Menengok kearah lain, terdapat ornamen barang-barang klasik yang merupakan milik Omma Elsje dan suami, dimana terlihat lemari dan mesin jahit.

Kevin Christian yang merupakan cucu dari Omma Elsje, mengatakan selain pandai memasak, Omma Elsje sangat pandai menjahit baju anak-anaknya.

“Di ruangan belakangan, terdapat spot klasik modern yang ramah untuk anak, di sana pengunjung bisa berfoto sambil menikmati suasana tenang, ada juga sepeda ontel yang terkenal di zaman belanda,” katanya.

Kevin menjelaskan, bangunan yang saat ini menjadi restoran, kembali digunakan dan diperbaiki pada tahun 2016,  Selain dimanjakan dengan interiornya, Keuken Van Elsje menyuguhkan santapan khas Belanda yang merupakan resep dari keluarga Omma Elsje secara turun temurun.

Kevin Christian yang merupakan cucu dari Omma Elsje menceritakan kisah mengenai bakat masaknya yang bisa memadukan rasa makanan khas Indonesia dengan khas Belanda berasal dari anggota keluarganya sejak 1920.

Resep Kuliner dari Omma Elsje

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan