Ini Fungsi Kemasan Produk yang Jarang Diketahui

Jabarekspres.com – Apa sih fungsi kemasan produk? Pernahkah punya pertanyaan seperti itu. Ternyata ada begitu banyak manfaat lho.

Fungsi kemasan produk dengan catatan telah memenuhi syarat dan sesuai kualifikasi standar yang telah ditetapkan memiliki keunggulan.

Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), kemasan turut memiliki makna. Yakni merupakan sebuah bungkus pelindung barang dagangan.

Sementara kemasan produk pembungkus yang berfungsi untuk mencegah atau meminimalisir kerusakan pada sebuah produk yang dikemas.

Bila sering melihat beberapa produk, kemasan dibuat dengan desain yang unik. Tujuannya agar dapat menarik para pembeli atau konsumen.

Selain itu, kemasan di setiap produk juga memiliki kualitas khusus. Mengingat fungsi yang cukup vital untuk menjaga kondisi dari produknya.

Di abad pertengahan awalnya kemasan dibuat dari beberapa bahan selain plastik. Di antaranya kain, kayu, batu, keramik, kulit, hingga kaca.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 1980-an, bentuk dan model kemasan pun mengalami perubahan dan lebih praktis.

Tujuannya, agar dapat menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, hingga harus dapat membujuk konsumen atau pembeli.

Dihimpun dari berbagai sumber, ternyata dia beberapa fungsi kemasan produk yang jarang diketahui oleh masyarakat awam. Ini di antaranya:

1. Fungsi Perlindungan

Kemasan membantu melindungi isi produk. Dengan pengemasan, produk tak hanya terhindar dari kerusakan seperti jatuh, tetapi juga terhindar dari cuaca, seperti hujan, kontaminasi kotoran dan debu.

2. Fungsi Penyimpanan

Dalam fungsi ini, pengemasan perlu memastikan bahwa produk tersebut aman dari debu, kotoran, dan bahaya lingkungan lainnya selama waktu penyimpanannya.

3. Fungsi Informasi

Dalam produk kemasan terdapat berbagai informasi dan detail spesifik tentang produk. Meliputi fitur umum produk, bahan, berat bersih isi, nama dan alamat produsen, hingga harga eceran tertinggi.

4. Fungsi Pembeda

Suatu produk dikemas dalam wadah berukuran khusus, berwarna dan berbentuk untuk memperlihatkan adanya perbedaannya dari produk pesaing. Kemasan yang melengkapi adalah kepribadian dari produk.

5. Fungsi Jaminan

Fungsi kemasan selanjutnya untuk memastikan konsumen bahwa produk memiliki kualitas sesuai yang diinginkan. Kemasan menjamin produk siap digunakan atau dikonsumsi sebagaimana mestinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan