Persib Mematangkan Strategi, Pulihkan Mental & Stamina

Jabarekspres.com — Persib memanfaatkan jeda kompetisi Liga 1 pekan ke-32 yang cukup panjang ini untuk memulihkan mental dan stamina para pemain.

Dalam jeda pertandingan selama 6 hari ini, pelatih Robert Alberts meliburkan para pemain selama dua hari, mengingat padatnya jadwal pertandingan beberapa hari kemarin.

“Ya akhirnya kami punya waktu lebih dari tiga hari (jeda) dan memberi saya lebih banyak opsi untuk memberitahu staf dan pemain bahwa kami punya dua hari libur. Tentunya itu untuk memulihkan sepenuhnya fisik dan mental,” papar Robert Alberts.

Mematangkan taktik menjadi hal yang utama bagi pelatih Robert Alberts dalam tiga kali sesi latihan pra pertandingan kontra Persebaya, Sabtu (19/03/2022).

“Jadi mulai hari ini, kami punya waktu latihan selama tiga hari, dan sebelumnya kami hanya berlatih satu kali di persiapan akhir jelang laga. Jadi saya harap pemain bisa sepenuhnya memulihkan kondisi,” ungkap pelatih Robert Alberts.

Persib merupakan tim yang banyak mencetak gol cepat di menit-menit pertama pertandingan.

Hal tersebut tentunya mempunyai sisi negatif bagi performa para pemain. Pasalnya, pada menit-menit pertama itu para pemain Persib langsung menancap gas secara kencang dan terbukti mampu melancarkan beberapa gol cepat di menit-menit awal.

Akibatnya, menjelang menit-menit akhir pertandingan, stamina para pemain pasti menurun. Dalam laga melawan Madura United kemarin misalnya. Saat itu anak-anak asuh Robert Alberts mampu mencetak tiga gol krusial hingga papan skor menunjukan 3-0 melawan Madura United.

Akan tetapi, Madura United mampu membalas dua gol. Hampir saja Madura United menyamakan kedudukan pada kedua. Artinya, jelas sekali bahwa pasukan Maung Bandung tampak kelelahan pada babak kedua sebab hampir semua stamina dikerahkan di babak pertama pertandingan.

Permainan agresif, pressing, dan determinasi yang sangat tinggi para punggawa Pangeran Biru di babak pertama itu tampak menurun pada saat babak kedua pertandingan.

Pelatih Robert pun mengakui bahwa stamina merupakan permasalahan yang kini dihadapi para pemain.

“Sejauh ini di pertandingan bisa kalian lihat pemain begitu kelelahan, apalagi gaya bermain kami yang selalu bermain agresif ketika memulai laga. Kami selalu berusaha mendominasi di awal laga dan kami merupakan salah satu tim yang banyak mencetak gol cepat,” ungkap Robert.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan