Pemkot Klaim Kualitas Sungai Citarum Harum Membaik

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengklaim bahwa kualitas air di daerah aliran sungai (DAS) Citarum Harum berangsur-angsur membaik tiap tahunnya.

Hal demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kota Bandung, Yana Mulyana saat ditemui wartawan Jabar Ekspres dalam agenda memperingati “Hari Air Sedunia, Hari Peduli Sampah Nasional, dan Hari Jadi Citarum”.

“Setelah berjalan kurang lebih 3 tahun. Sudah ada peningkatan yang lebih baik. Dari cemar berat itu, sudah ke cemar ringan,” ujarnya seusai mengisi kegiatan yang berlangsung di Bantaran Sungai Cipamokolan tersebut, Kamis (17/3).

Ia menambahkan, upaya untuk meningkatkan kualitas air DAS Citarum Harum pun sedang digencarkan lantaran mengejar target pada tiga tahun mendatang. Bahkan diharapkan kualitas air itu sampai ke tahap layak minum.

“Mudah-mudahan target tahun 2025, bisa lebih baik. Target kualitas Citarum ini membaik dan apabila bisa, airnya sampai bisa dikonsumsi,” ujarnya.

Sementara itu, dalam memperingati Hari Air dan Peduli Sampah Dunia tersebut. Yana menginginkan masalah air juga sampah bisa cepat diselesaikan.

“Kita harus memperlakukan air dengan baik. Karena bagaimanpun air adalah sumber kehidupan. Begitu juga untuk masalah sampah, bisa diolah atau untuk apapun,” imbuh Plt Kota Bandung itu.

Sehingga, lanjut Yana, apabila hal-hal demikian sedikit demi sedikit diperhatikan. Bukan tak mungkin, nantinya, masalah air dan sampah bisa cepat terselesaikan. “Minimal di Kota Bandung,” pungkasnya. (zar)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan