Lestarikan Lingkungan, Satgas Citarum Harum Sektor 7 dan NPCI Tanam 150 Batang Pohon

BALEENDAH – Satgas Citarum Harum Sektor 7 bersama National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Bandung melaksanakan penanaman 150 batang pohon di bantaran Sungai Citarum, di Kampung Cembul, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Senin (5/7).

Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, penanaman pohon kali ini dilaksanakan bersama komunitas NPCI. Menurutnya kegiatan ini sangat spesial, karena dilakukan bersama para atlet berkebutuhan khusus.

“Penanaman pohon ini sangat sering dilakukan, di antaranya dengan Pangdam III/Siliwangi, Mahasiswa dan kelompok masyarakat lainnya. Namun saat ini sangat spesial, karena ditemani rekan-rekan yang berkebutuhan khusus,” kata Jefson saat di wawancara usai penanaman.

“Berbagai varietas pohon ditanam di sini. Di antaranya Mahoni, Jabon, Albasiah dan kayu putih. Menanam pohon ini bisa dilakukan oleh siapa saja makhluk ciptaan Tuhan,” tambahnya.

Jefson menilai, bantaran sungai Citarum ini perlu dihijaukan kembali. Karena, penanaman pohon ini penting dilakukan untuk mencegah erosi.

Selain itu, lanjut dia, bantaran sungai harus kembali hijau dengan rutin melakukan penanaman pohon, agar tidak terjadi longsor.

“Kami akan mengajak semua pihak untuk bersama menjaga Sungai Citarum. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di bantaran sungai,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum NPCI Kabupaten Bandung, M. Sabar mengaku bangga pihaknya diundang oleh Satgas Citarum Harum Sektor 7 untuk berperan serta menjaga lingkungan.

Dalam kegiatan ini, kata dia, bahwa penyandang disabilitas, jika mendapat kesempatan, pihaknya akan ikut membantu, dalam hal ini menjaga kelestarian di Citarum.

“Kamipun tadi sudah disampaikan sebelumnya, bahwa kami ingin sekali ikut berperan aktif dalam program-program pemerintah ataupun TNI dan lainnya,” kata Sabar.

Diungkapkan Sabar, pihaknya sangat berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini, kelestarian lingkungan di bantaran sungai Citarum bisa tetap terjaga agar tidak terjadi erosi.

“Diharapkan juga kepada seluruh elemen masyarakat lainnya, dan pihak pemerintah, apabila ada kegiatan serupa atau kegiatan lainnya, untuk mengajak atau mengikut sertakan para penyandang disabilitas,” pungkasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan