Polemik Ritual Kendi Nusantara Syirik, Paranormal Bocorkan Penerawangannya

Jabarekspres.com – Pro kontra tentang ritual kendi nusantara syirik di Ibukota Negara (IKN) baru, Kalimantan Timur, saat ini terus menggelinding dan memanas.

Banyak tokoh, politisi, ahli ekonomi, hingga masyarakat umum mengutarakan penilaiannya atas prosesi yang belakangan dituding mengarah pada aktifitas syirik.

Di tengah polemik ritual kendi nusantara syirik, Paranormal Mbah Mijan tiba-tiba menyampaikan dirinya ikut melakukan penerawangan. Dia pun membocorkan hasilnya.

Sosok Mbah Mijan memang dikenal sebagai seorang paranormal yang kerap kali memberi penerawangan salah satunya kepada kalangan selebritis di tanah air.

Dengan kemampuannya, Mbah Mijan sering juga meramal kejadian apa saja di masa depan. Sosoknya pun terus popular usai jadi bintang tamu diberbagai stasiun TV.

Kini dengan gaya khasnya, paranormal yang memiliki nama asli Samijan itu menyebut soal sosok lain yang ikut berkumpul saat ritual kendi nusantara di kawasan IKN.

“Mbah melihat bukan hanya manusia yang berkumpul, tetapi sesepuh gaib juga hadir dalam proses ritual Kendi Nusantara,” ungkap Mbah Mijandilansir dari JPNN.com.

Kendati menyebut ada makhluk lain yang hadir saat ritual kendi nusantara di IKN, tetapi dia tak menjelaskan secara detail sosok tak kasat mata yang menghadiri prosesi itu.

Mbah Mijan pun sempat menuturkan pembangunan IKN Nusantara, di Kalimantan Timur, telah direstui oleh gaib.

“Kalau Mbah melihat pembangunan istana baru, diizinkan oleh gaib,” ucap dia.

Menurutnya, pengaruh tersebut baru bisa terasa dalam kurun 10-20 tahun ke depan.

“Ke depan bisa berdampak baik. Jangka panjang, ya. Kalau sekarang belum,” ujar Mbah Mijan.

Sebagaimana diketahui, beberapa pihak kini menuding bila ritual kendi nusantara syirik. Hal itu usai Presiden Jokowi menggelarnya di titik nol IKN, Senin (14/3/2022) kemarin.

Di jagat maya, netizen pun ramai-ramai mengeluarkan pendapatnya atas ritual tersebut. Rata-rata mengkritik tujuan dari cara yang dipilih Jokowi di kawasan IKN itu.

Bahkan saking banyaknya publik yang bersuara, #RitualSyirik pun menggema di Twitter. Pada Selasa, 15 Maret 2022 siang lebih dari 4.000 cuitan menyoroti ritual kendi nusantara di IKN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan