Punya Masalah Sakit Punggung? Ini Bahayanya Jika Tidur Tengkurap

JAKARTA – Setiap orang punya posisi yang berbeda-beda saat tidur. Umumnya orang lebih menyukai tidur dengan cara tengkurap.

Namun, tidak semua orang dapat tidur dengan cara tengkurap, apalagi bagi mereka yang punya masalah dipunggungnya.

Seperti yang dilansir via Men’s Health, menurut ahli tidur dengan cara tengkurap dapat menyebabkan perenggangan pada bagian bawah tulang belakang.

Tapi bagi penderita sakit punggung, bisa menggunakan bantal di bawah perut agar tidak memperburuk kondisi.

Sementara bagi mereka yang punya masalah punggung kronis disarankan untuk meletakan bantal kecil atau gulungan handuk di bawah kedua lutut.

Dengan begitu, tidur bisa menjadi berkualitas. Bicara tidur berkualitas, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah bantal yang menopang saat tidur harus benar-benar bersih.

Namun yang menjadi pertanyaannya, seberapa sering Anda mencuci bantal kepala berserta dengan sarungnya? Adakah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan dari penggunaan bantal, yang digunakan terus menerus tanpa dicuci?

Menurut ahli, mencuci sarung bantal berfungsi untuk menyingkirkan sel kulit mati, minyak dan keringat yang diproduksi oleh tubuh.

Namun tidur menggunakan bantal yang kotor, berisiko mengundang tungau debu, yang biasa bertanggung jawab atas reaksi alergi, juga gatal-gatal.

“Tidur dengan bantal yang bersih itu dapat membantu Anda lebih mudah untuk tertidur,” kata dokter spesial kepala dan leher, Nelman Low, MD, seperti dikutip FIN dari Health. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan