Israel Minta Ukraina Menyerah pada Rusia? Begini Faktanya

Jabarekspres.com – Publik sempat heboh oleh kabar dari beberapa media yang menyebut bahwa Israel minta Ukraina untuk menyerah pada Rusia.

Tak ayal banyak orang yang menganggap bahwa Israel takut kepada Rusia.

Lalu, apakah benar Israel minta Ukraina menyerah? berikut ini kronologi yang sebenarnya.

Hal itu bermula dari situs media Walla dan Jerusalem Post serta situs berita Amerika Serikat (AS); Axios, mengutip seorang pejabat Ukraina yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Bennett telah mendesak Ukraina untuk menyerah pada Rusia.

Secara tegas pejabat senior Israel membantah tuduhan yang beredar bahwa Israel minta Ukraina menyerah.

“Laporan itu benar-benar salah,” kata seorang pejabat senior Israel, yang meminta anonimitas karena sensitivitas masalah, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/3/2022).

Dia menambahkan, Perdana Menteri Bennet tidak pernah menyarankan Presiden Ukraina untuk menyetujui kesepakatan dari Rusia.

“Perdana Menteri Bennett sama sekali tidak menyarankan Presiden Zelensky untuk mengambil kesepakatan dari Putin, karena tidak ada kesepakatan seperti itu yang ditawarkan kepada Israel agar kami dapat melakukannya,” tambahnya.

Selain itu, Bennet juga tidak pernah memberikan instruksi kepada Presiden Zelensky terkait perang yang sedang dialami oleh Ukraina dan Rusia .

“Bennett sama sekali tidak memberi tahu Zelensky bagaimana harus bertindak, dia juga tidak punya niat untuk itu,” sambungnya.

Akan tetapi, Israel mencoba melakukan pembicaraan telepon dengan Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin, sebagai perantara untuk meraih perdamaian.

“Israel, sama seperti negara-negara perantara bersyarat lainnya, tidak menawarkan Ukraina untuk menyetujui tuntutan apa pun dari Federasi Rusia,” kata penasihat pemerintah Ukraina Mykhailo Podolyak di Twitter.

“Ini tidak mungkin karena alasan militer dan politik. Sebaliknya, Israel mendesak Rusia untuk menilai peristiwa tersebut secara lebih memadai.”

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan