Ini Dia Keutamaan Sholat Sunnah Qobiliyyah Subuh, Jalan Masuk Syurga!

Jabarekspres.com- Sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat sunnah sebelum melaksanakan sholat subuh, merupakan amalan yang bila amalkan, maka kita akan mendapatkan banyak keutamaan. Berikut adalah keutamaan sholat sunnah qobiliyyah subuh.

Melansir dari laman dalamislam.com, berikut keutamaan sholat sunnah qobiliyyah subuh.

  1. Jalan Masuk Surga

Dalam hadist riwayat Muslim bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

Tentunya setiap amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah akan membawa ke surga.

  1. Ringan dan Berpahala Besar

Imam Malik, Imam Syafi’i  dan: mayoritas ulama berpendapat dalam Syarh Shahih Muslim, 6: 3.

“Shalat sunnah Shubuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Shubuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan.

Shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat mudah untuk dilakukan namun memiliki pahala yang luar biasa besar sebagaimana amalan penghapus dosa besar.

  1. Kebaikan di Akhirat

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda  yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim 726).

Bagi orabg yang mengamalka shalat sunnah sebelum subuh disertai menjaga amalan lainnya dengan baik akan mendapatkan kebaikan di akherat.

Selain itu ia juga akan mendapatkan bekal yang indah untuk kehidupan di akherat pula dan jauh dari siksa neraka.

  1. Dilindungi di Hari Kiamat

Hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat shalat sunnah subuh membaca ayat Al Baqarah 136 pada rakaat pertama.

Lalu  membaca Ali Imran 52 pada rakaat kedua”. Setiap yang melakukan shalat sunnah sebelum subuh dan shalat subuh dengan tepat waktu dan istiqomah di hari kiama nanti akan mendapat syafaat.

  1. Diampuni Dosa-dosanya

Qais bin Qahd radhiyallahu’anhu, ia shalat shubuh bersama Rasulullah SAW dan belum melakukan shalat sunnah dua rakaat qabliyah subuh.

Ketika Rasulullah SAW telah salam maka ia pun salam bersama beliau, kemudian ia bangkit dan melakukan shalat dua rakaat qabliyah subuh, dan Rasulullah SAW melihat perbuatan tersebut dan tidak mengingkarinya (HR. At Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi: 1/133).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan